HUSNUL MUASYAROH, 111411131154 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY (ICT) DENGAN TUJUAN AKADEMIK DAN NONAKADEMIK TERHADAP KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_PSI.86 18 Muq p.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_PSI.86 18 Muq p.pdf Restricted to Registered users only until 2021. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan information and communications technology (ICT) dengan tujuan akademik dan non-akademik terhadap kemampuan self regulated learning pada mahasiswa. Selfregulated learning didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk secara aktif selama proses pembelajaran dengan cara menetapkan tujuan, mengawasi, mengatur, dan mengontrol kognitif, motivasi, dan perilaku mereka sesuai dengan konteks (Pintrich, 2000). Penggunaan ICT merupakan salah satu bagian dari aspek lingkungandalam self regulated learning (Nilson, 2013). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data menggunakan MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) short version dengan reabilitas sebesar 0,916 (Usinger & Boyer, 2012) dan Student Mobile Technology Experience (SMTE) Survey (Kashou, 2016). Penelitian ini melibatkan 272 mahasiswa angkatan aktif Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Dari hasil analisis data, diatas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (p = 0,004, p < 0,05, R = 0,201) antara penggunaan ICT dengan tujuan akademik (X1) dan non-akademik (X2) terhadap kemampuan self regulated learning (Y) dengan sumbangan pengaruh sebesar 4%. Dari hasil persamaan analisis regresi juga didapatkan persamaan yaitu Y = 275,380 + 0,382X1 – 0,275X2 . Persamaan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan ICT dengan tujuan akademik (X1) berpengaruh positif terhadap kemampuan self regulated learning, sedangkan penggunaan ICT dengan tujuan non-akademik (X2) berpengaruh negatif terhadap kemampuan self regulated learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 PSI.86/18 Mua p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan self regulated learning, Penggunaan ICT, tujuan akademik, tujuan non-akademik, mahasiswa | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mhs PKL UNAIR | ||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2018 21:14 | ||||||
Last Modified: | 10 Jul 2018 21:14 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72809 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |