IMPLIKATUR PERCAKAPAN DI SMA NEGERI 6 KEDIRI : KAJIAN PRAGMATIK

DEVI LISA ALMIRA, 121311133122 (2018) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DI SMA NEGERI 6 KEDIRI : KAJIAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.BI.38 18 Alm i.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FS.BI.38 18 Alm i.pdf
Restricted to Registered users only until 29 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implikatur Percakapan di SMA Negeri 6 Kediri : Kajian Pragmatik” ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur percakapan bahasa formal dan informal yang terjadi antara guru dengan karyawan, guru dengan siswa, karyawan dengan siswa,dan siswa dengan siswa. Penelitian ini memanfaatkan pragmatik, teori yang digunakan adalah prinsip kerjasama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualititatif.Metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode simak bebas libat cakap dan dibantu dengan teknik rekam dan teknik catat. Hasil dari analisis data ini menunjukkan bahwa pertama, ditemukan adanya pelanggaran prinsip kerja sama yaitu, (a) pelanggaran maksim kuantitas, (b) pelanggaran maksim kualitas, (c) pelanggaran maksim relevansi, dan (d) pelanggaran maksim cara. Kedua, dialog percakapan yang terjadi di lingkungan sekolah sering menggunakan bahasa formal dan informal tergantung situasi kebahasaan yang sedang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.38/18 Alm i
Uncontrolled Keywords: implikatur percakapan, pragmatik, prinsip kerjasama, SMAN 6 Kediri
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
DEVI LISA ALMIRA, 121311133122UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTubiyono, Drs. M.si.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:16
Last Modified: 10 Jul 2018 21:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item