DIAS LANANG PRABOWO, 121311333007 (2018) PRINSIP DAN UNSUR RETORIKA DALAM KUMPULAN IKLAN SOFTBANK EPISODE 1-28 ソフトバンクの広告集第 1~28 話 におけるレトリックの原則と言葉の綾. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.J.22 18 Pra p.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FS.J.22 18 Pra p.pdf Restricted to Registered users only until 29 June 2021. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang prinsip dan unsur retorika percakapan verbal yang terkandung dalam kumpulan iklan Softbank pada tahun 2007 yang berjumlah 19 episode. Penelitian ini meneliti 79 data yang diambil dari Iklan Softbank pada tahun 2007 dimana terdapat lima tema iklan produk yang dipromosikan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam lima tema iklan produk tersebut terdapat lima prinsip retorika (31 data) lalu juga terdapat unsur retorika baik retorika makna, bentuk dan struktur sebanyak (47 data). Dimana Retorika makna terdapat (22 data), Retorika Bentuk terdapat (19 data), Retorika Struktur terdapat (6 data). Pada prinsip retorika, tanda verbal pada iklan didominasi oleh prinsip retorika Shuuji. Hal ini menunjukan pesan utama dalam iklan disampaikan dengan cara yang ringkas dan mudah dipahami. Sedangkan dalam unsur retorika, Retorika Makna merupakan unsur yang paling dominan dimana terdapat 22 data dan 9 jenis gaya bahasa hal ini menunjukan bahwa iklan Softbank disusun oleh banyak susunan semantik di iklan tersebut. Namun meski demikian, gaya bahasa yang paling dominan adalah Repetisi dengan penemuan data terbanyak yakni 10 data. Hal ini menunjukan kunci utama iklan Softbank juga karena pengulanganpengulangan pesan utama yang disampaikan pada iklan Softbank. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dari lima tema produk iklan yang dipromosikan selama tahun 2007, terdapat teknik retorika yang digunakan Softbank untuk mempersuasi produk yang ditawarkan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS.J.22/18 Pra p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Prinsip Retorika, Unsur Retorika, Gaya Bahasa | ||||||
Subjects: | P Language and Literature | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mhs PKL UNAIR | ||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2018 21:23 | ||||||
Last Modified: | 10 Jul 2018 21:23 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72818 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |