HUBUNGAN ANTARA SELF-MANAGEMENT OF DIABETES DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 PADA DEWASA AKHIR

AYU YANIFIA RIZKY HANDAYANI, 111011234 (2018) HUBUNGAN ANTARA SELF-MANAGEMENT OF DIABETES DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 PADA DEWASA AKHIR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_PSI.94 18 Han h.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_PSI.94 18 Han h.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-management of diabetes terhadap psychological well-being penderita diabetes mellitus tipe 2 pada dewasa akhir. Self-management of diabetes merupakan kegiatan melakukan pengaturan serangkaian tugas yang harus dilakukan oleh orang yang menderita penyakit diabetes mellitus tipe 2, yaitu management medis, management peran, dan management emosi. Psychological well-being yang berkaitan dengan perkembangan dan makna realisasi diri (self-realization) pada individu untuk mencapai fully functioning yang terdiri dari enam aspek self-acceptance, positive relation with others, personal growth, purpose in life, environtmental mastery, dan autonomy. Penelitian dilakukan pada 51 orang penderita diabetes Mellitus tipe 2 usia dewasa akhir (≥ 60 tahun). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua jenis, yaitu self-adminstered kuesioner survey dan dengan menggunakan bantuan aplikasi google form. Alat ukur yang digunakan adalah skala self-management of diabetes yang disusun sendiri oleh peneliti, dan skala Ryff’s psychological well-being yang diadaptasi dari Wasono (2015). Data diolah dengan menggunakan SPSS 16 for windows dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil analisis dari data yang diperoleh adalah nilai koefisien korelasi r = 0,692 dengan taraf signifikansi ρ = 0,000, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang kuat antara self-management of diabetes dengan psychological well-being penderita diabetes tipe 2 pada dewasa akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.94/18 Han h
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus tipe 2, Dewasa akhir, self-management of diabetes, psychological well-being.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF173-175 Psychoanalysis
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
AYU YANIFIA RIZKY HANDAYANI, 111011234UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr. M.Si. PsIkolog.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:29
Last Modified: 10 Jul 2018 21:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72831
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item