ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KECELAKAAN DI LINGKUNGAN RUMAH TANGGA PADA BALITA DI KECAMATAN MULYOREJO KOTA SURABAYA

INTAN PRATITA, 101511123102 (2018) ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KECELAKAAN DI LINGKUNGAN RUMAH TANGGA PADA BALITA DI KECAMATAN MULYOREJO KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FKM.147 18 Pra a.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FKM.147 18 Pra a.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecelakaan merupakan salah satu bentuk dari unintentional injury atau cedera yang tidak disengaja. Cedera baik disengaja atau tidak merupakan suatu masalah di kesahatan masyarakat. Sebagai salah satu penyebab utama dari disabilitas, cedera merupkan ancaman terbesar bagi balita. Mulyorejo merupakan salah satu kecamatan di Kota Surabaya. Studi awal yang dilakukan menghasilkan 73% dari balita pernah mengalami kecelakaan dalam tiga bulan terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap kecelakaan di lingkungan rumah tangga pada balita di Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain kasus control. Populasi kasus adalah semua balita berusia 12-59 bulan yang pernah mengalami kecelakaan dalam tiga bulan terakhir yang tinggal di Kecamatan Mulyorejo pada tahun 2017. Sedangkan populasi control adalah seluruh balita berusia 12-59 bulan dan tidak mengalami kecelakaan di lingkungan rumah tanga dalam tiga bulan terakhir yang tinggal di Mulyorejo. Besar sampel pada masing-masing kelompok adalah 36. Data kemudian dianalisis menggunakan regresi logistik. Hasil peneliitian menunjukkan kecelakaan banyak dialami oleh balita lakilaki, berusia antara 24-35 bulan atau 48-59 bulan dan diasuh oleh ibu, memiliki ibu yang bekerja di luar rumah dan tingkat pendidikan tinggi, tinggal di rumah sewa dan terdapat potensi bahaya pada lingkungan fisik yang tinggi. dari 8 variabel yang diteliti 2 diantaranya signifikan berpengaruh terhadap kecelakaan di lingkungan rumah tangga pada balita. Variable yang paling berpegaruh adalah jenis kelamin balita dan potensi bahaya pada lingkungan fisik khususnya pada benda tajam dan panas. Usia dan pengasuh balita, tingkat pendidikan ibu, jenis pekerjaan ibu, perilaku protektif ibu serta jenis tempat tinggal tidak berpengaruh terhadap kecelakaan di lingkungan rumah tangga pada balita. Faktor risiko dari kecelakaan di lingkungan rumah tangga pada balita adalah balita berjenis kelamin lakilaki dan potensi bahaya pada lingkungan fisik yang tinggi. untuk mencegah kecelakaan pada balita sebaiknya orang tua meningatkan pengawasan terhadap anak, khususnya pada anak laki-laki. Selain itu orang tua perlu memperbaiki penataan perabotan supaya tersedia tempat yang cukup untuk anak bermain dan menjauhkan anak dari benda tajam dan benda panas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.147/18 Pra a
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan rumah tangga, potensi bahaya, lingkungan fisik, balita,laki-laki
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
INTAN PRATITA, 101511123102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucia Y. Hendrati, S.KM M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:55
Last Modified: 10 Jul 2018 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72860
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item