KOMBINASI ENZIM PAPAIN DAN ENZIM FITASE PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus).

YULIA MAISHAROH PRASETIAWATI, 141411131030 (2018) KOMBINASI ENZIM PAPAIN DAN ENZIM FITASE PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.70-18 Pra k ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.70-18 Pra k SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 4 July 2021.

Download (898kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) adalah salah satu hasil perikanan air tawar yang diminati masyarakat. Pakan merupakan unsur penting dalam kegiatan budidaya yang dapat menunjang laju pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila. Tingginya harga pakan berkualitas baik merupakan masalah dalam proses budidaya. Alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan enzim papain dan enzim fitase. Enzim papain mempunyai kemampuan dalam memecah protein menjadi unsur-unsur yang lebih sederhana sehingga tingkat penyerapan protein pakan semakin meningkat (Ananda, dkk., 2015). Enzim fitase mempunyai kemampuan menghidrolisa asam fitat yang terkandung pada bahan pakan menjadi senyawa inositol dan asam fosfat (Rachmawati dan Samidjan, 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan dosis optimum dari kombinasi enzim papain dan enzim fitase terhadap laju pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pendidikan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah P0 sebagai kontrol tanpa penambahan enzim, P1 kombinasi enzim papain 1% dan enzim fitase 0.05%, P2 kombinasi enzim papain 3% dan enzim fitase 0.1% , dan P3 kombinasi enzim papain 5% dan enzim fitase 0.15%. Parameter yang diamati adalah laju pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan ANOVA untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Perbedaan antar perlakuan dianalisis menggunakan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian ini menunjukan kombinasi enzim papain dan enzim fitase pada pakan komersial selama 30 hari pemeliharaan dapat memberikan pengaruh terhadap laju pertumbuhan spesifik berat, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap laju pertumbuhan panjang spesifik dan kelulushidupan. Dosis enzim papain 3% dan enzim fitase 0,1% (P2) pada pakan komersial merupakan dosis optimum untuk meningkatkan laju pertumbuhan ikan nila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.70/18 Pra k
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
YULIA MAISHAROH PRASETIAWATI, 141411131030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMirni Lamid, Dr., drh., M.P.UNSPECIFIED
Thesis advisorWidya Paramita Lokapirnasari, Dr., drh., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 Jul 2018 20:06
Last Modified: 03 Jul 2018 20:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72973
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item