PERLAKUAN AKUNTANSI ASET TETAP PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA X

SJAFRILIA RACHMADILLA, 151510613099 (2018) PERLAKUAN AKUNTANSI ASET TETAP PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA X. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.A.55 18 Rac p.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.A.55 18 Rac p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah dilakukan oleh penulis, maka dapat diambil kesimpulan bahwa : 1. Dalam perlakuan akuntansi atas aset tetap, PT Perkebunan Nusantara X mengacu pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan didukung dengan Pedoman Akuntansi BUMN Perkebunan Berbasis IFRS. 2. Definisi aset tetap PT Perkebunan Nusantara X telah sesuai dengan PSAK 16, pengelompokkan aset tetap berdasarkan sifat dan kegunaannya telah sesuai dengan PSAK 16, perolehan aset tetap dilakukan dengan cara pembelian tunai, pembelian dengan hutang, tender, hibah dan membangun asetnya sendiri. Pemeliharaan aset tetap telah sesuai dengan PSAK 16. Pengakuan aset tetap telah sesuai dengan PSAK 16. 3. PT Perkebunan Nusantara X mengukur aset tetapnya menggunakan model biaya, Penyusutan untuk aset tetap kecuali tanah menggunakan metode penyusutan yang didasarkan pada taksiran masa manfaatnya sesuai yang telah ditentukan perusahaan yaitu menggunakan metode penyusutan garis lurus dengan nilai sisa Rp 1-, yang dilakukan secara sistematis dan konsisten untuk aset tetapnya sesuai dengan PSAK 16. Penurunan nilai aset tetap telah sesuai dengan PSAK 48. Revaluasi aset untuk aset tetap berupa tanah telah sesuai dengan PSAK 16. Aset tetap yang masa manfaatnya telah habis akan dihapuskan sesuai dengan PSAK 16 melalui RUPS. 4. Di setiap akhir tahun pelaporan PT Perkebunan Nusantara X mereview nilai residu, masa manfaat serta ada atau tidaknya indikasi penurunan nilai aset tetap, jika dirasa perlu. 5. Penyajian laporan keuangan PT Perkebunan Nusantara X telah sesuai dengan PSAK 1. Akun aset tetap disajikan dalam laporan keuangan pada kelompok aset tidak lancar sebesar biaya perolehan dikurangi dengan akumulasipenyusutan dan rugi penurunan nilai, sedangkan untuk beban penyusutan disajikan dalam laporan laba-rugi sebesar penyusutannya yang benar-benar terjadi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.A.55/18 Rac p
Uncontrolled Keywords: akuntansi,aset tetap, keuangan, penyusutan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SJAFRILIA RACHMADILLA, 151510613099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIman Harymawan, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 30 Jul 2018 17:36
Last Modified: 30 Jul 2018 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73264
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item