GAMBARAN MAKNA HIDUP PADA PEREMPUAN USIA DEWASA AWAL MANTAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) BINAAN YAYASAN GERAKAN MELUKIS HARAPAN

DITA KENCANA PUTRI, 111111072 (2018) GAMBARAN MAKNA HIDUP PADA PEREMPUAN USIA DEWASA AWAL MANTAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) BINAAN YAYASAN GERAKAN MELUKIS HARAPAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.144 18 Put g.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.144 18 Put g.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penemuan makna hidup yang berarti berperan penting dalam keberhasilan proses resosialisasi perempuan mantan Wanita Tuna Susila (WTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran makna hidup pada perempuan usia dewasa awal mantan Wanita Tuna Susila (WTS) binaan yayasan Gerakan Melukis Harapan (GMH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penemuan makna hidup dan faktor-faktor melatarbelakangi terbentuknya makna hidup pada subyek penelitian. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan metode studi kasus di area lokalisasi Dolly, Surabaya. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dari catatan lapangan dan wawancara. Catatan lapangan yang ada merupakan hasil observasi dari penulis yang menjadi pendamping program pembinaan subyek dari tahun 2014 hingga 2017. Wawancara dilakukan dengan subyek, significant others dari subyek, dan pendamping program pembinaan dari yayasan Gerakan Melukis Harapan (GMH)Subyek yang menjadi informan merupakan mantan WTS yang telah sukses mencapai tujuan resosialisasi yaitu memperoleh mata pencaharian yang baru dan telah meninggalkan kegiatan prostitusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna hidup pada masing-masing subyek berbeda-beda dan bersifat personal. Penghayatan nilai dan sikap masingmasing subyek yang berbeda menimbulkan insight yang berbeda untuk setiap subyek dalam memaknai hidupnya. Faktor ekonomi, dan faktor keluarga merupakan hal yang muncul sebagai motivasi yang paling berpengaruh dalam proses penemuan makna hidup pada subyek penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.144/18 Put g
Uncontrolled Keywords: makna hidup,wanita tuna susila, resosialisasi, lokalisasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795-839.5 Temperament, Character (Ethology)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DITA KENCANA PUTRI, 111111072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr. M.Si., Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 12 Aug 2018 18:48
Last Modified: 12 Aug 2018 18:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73437
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item