PERKEMBANGAN PEMIKIRAN AKUNTANSI: DARI "PELAYAN PASAR" MENJADI SARANA MENYEJAHTERAKAN MANUSIA Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga di Surabaya pada Hari Sabtu, Tanggal 28 Juli 2018

BASUKI, Prof.,Drs.,M.Com(Hons).,Ph.d.,Ak.,CA.,CMA (2018) PERKEMBANGAN PEMIKIRAN AKUNTANSI: DARI "PELAYAN PASAR" MENJADI SARANA MENYEJAHTERAKAN MANUSIA Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga di Surabaya pada Hari Sabtu, Tanggal 28 Juli 2018. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Fulltext)
PG. 04-18 Bas p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Akuntansi boleh dikatakan sebagai ilmu kuno, Jauh sebelum apa yang dikenal sebagai akuntansi modern yang dimulai sejak zaman Frater Luca Pacioli dati Venesia, bangsa Mesir kuno, bangsa Mesopotamia, dan beberapa bangsa sudah mengenal akuntansi. Tentu saja akuntansi yang dikenal saat itu adalah akuntansi zaman kuno yang bentuknya berbeda dengan akuntansi zaman now. Dalam perjaIanan sejarahnya, terjadi perkembangan pemikiran akuntani, sehingga akuntansi dikenal sebagai “disiplin mul tifacet" (disiplin berwajah banyak) yang dimaknai secara beragam, sesuai dengan sudut pandang yang berbeda, yaitu ‘Akuntasi sebagai Seni’, ‘Akuntansi sebagai Ideologi’, ‘Akuntansi sebagai Bahasa’, ‘Akuntansi sebagai Catatan Historisi’, ‘Akuntansi sebagai Sistem Informasi’, ‘Akuntansi sebagai komoditi’, dan ‘Akuntansi sebagai Teknologi’.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK PG. 04-18 Bas p
Uncontrolled Keywords: AKUNTANSI, PELAYAN PASAR, MENYEJAHTERAKAN MANUSIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM
BASUKI, Prof.,Drs.,M.Com(Hons).,Ph.d.,Ak.,CA.,CMAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 12 Aug 2018 18:43
Last Modified: 12 Aug 2018 18:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73506
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item