ANALISIS PROSES AKUNTABILITAS DANA BANTUAN PEMERINTAH KEPADA PARTAI POLITIK (Studi Kasus Pada DPC Partai Gerindra Kota Surabaya)

Rizky Dwi Putra, 041411331176 (2018) ANALISIS PROSES AKUNTABILITAS DANA BANTUAN PEMERINTAH KEPADA PARTAI POLITIK (Studi Kasus Pada DPC Partai Gerindra Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_A.215 18 Put a.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_A.215 18 Put a.pdf
Restricted to Registered users only until 20 August 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengajuan, penggunaan dan pertanggungjawaban dana bantuan politik yang diberikan oleh pemerintah kepada partai politik menyikapi adanya polemik mengenai rencana kenaikan dana bantuan partai politik hampir sepuluh kali lipat yang akan diberikan pada tahun anggaran 2018. Dalam penelitian ini mengambil subjek penelitian DPC Partai Gerindra Kota Surabaya yang berhak menerima bantuan keuangan partai politik dari pemerintah Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi yang dilakukan untuk mendapatkan keterangan terkait proses pengajuan, penggunaan hingga pertanggungjawaban atas dana bantuan keuangan yang diterima partai politik di Kota Surabaya secara umum dan DPC Partai Gerindra Kota Surabaya secara khusus. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, (1) partai politik mendapati permasalahan dalam menggunakan dana bantuan karena tidak adanya buku pedoman penggunaan dana bantuan keuangan politik; (2) Terdapat partai politik terlambat mengumpulkan laporan pertanggungjawaban melebihi tenggat waktu yang diberikan; (3) Partai politik telah menggunakan dana bantuan keuangan yang diterimanya sesuai dengan peraturan dan telah melalui pemeriksaan BPK sehingga penggunaan dana bantuan yang diterima partai politik dapat dipertanggungjawabkan; (4) Dana bantuan partai politik yang diberikan pemerintah dapat menunjang keperluan operasional partai politik sehingga dapat meningkatkan profesionalitas partai politik penerima dana bantuan keuangan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.215/18 Put a
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Bantuan keuangan pemerintah, Partai politik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Rizky Dwi Putra, 041411331176UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Ningsih, Dr., SE., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Aug 2018 22:48
Last Modified: 19 Aug 2018 22:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73549
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item