ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENDAPATAN ANGKUTAN PENUMPANG NON LOKET PADA PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 8 SURABAYA

ADNY NA’IMAH, 151510613025 (2018) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENDAPATAN ANGKUTAN PENUMPANG NON LOKET PADA PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 8 SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak fv a 77 18.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV A 77 18.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil praktik kerja lapanngan dan pembahasan yang telah diselesaikan penulis pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya, maka simpulan yang dapat dikemukakan adalah sebagai berikut : 1. Siklus pendapatan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya seperti halnya dengan teori siklus pendapatan karena terdapat empat siklus utama. 2. Tidak terdapat pemisahan fungsi untuk proses verifikasi antara data pendapatan non loket dengan data penumpang yang melakukan boarding dengan komparasi antara data pendapatan non loket dengan data penumpang yang dapat menyebabkan kecurangan yang dilakukan oleh pihak yang terkait, contohnya adalah manipulasi data transaksi non loket. 3. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya telah menggunakan SAP (System Application and Product) dalam kegiatan operasionalnya yang dapat meminimalisir kecurangan yang dilakukan oleh pihak yang terkait. 4. Pada proses boarding E-Ticket, sebagian penumpang masih melakukan proses boarding secara manual karena E-Boarding hanya dapat digunakan oleh penumpang yang membeli E-Ticket melalui apliasi KAI Access. Proses boarding manual mengharuskan penumpang mencetak boarding pass terlebih dulu. Proses mencetak boarding pass untuk proses boarding tidak efektif karena membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan proses boarding dibandingkan dengan menggunakan sistem E-Boarding. Selain membutuhkan waktu lebih lama, proses boarding manual juga menambah pengeluaran perusahaan karena perusahaan harus menyediakan kertas untuk proses mencetak boarding pass.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV A 77 18 Nai a
Uncontrolled Keywords: akuntansi , sistem informasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ADNY NA’IMAH, 151510613025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDebby Ratna Daniel, Dr. rer. pol., Ak., CMA.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 31 Aug 2018 12:35
Last Modified: 31 Aug 2018 12:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73600
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item