ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI PENDAPATAN ATAS PENJUALAN KAYU KONTRAK ONLINE DI PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JAWA TIMUR

DITA ANINDYA YUNI PRAMESTI, 151510613051 (2018) ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI PENDAPATAN ATAS PENJUALAN KAYU KONTRAK ONLINE DI PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JAWA TIMUR. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak fv a 79 18.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV A 79 18 Pra a.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1. Pendapatan utama Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur bersumber dari kegiatan usaha, yaitu penjualan dan penyerahan hasil hutan. Pendapatan usaha terbesar dari penjualan. Sumber Penjualan dari penjualan kayu, non kayu, industri kayu dan wana wisata. Pendapatan terbesar adalah dari penjualan kayu. 2. Penjualan kayu dilakukan melalui dua cara yaitu, penjualan kayu online dan offline. Penjualan kayu terbesar yaitu secara online. Penjualan kayu online terbagi menjadi tiga saluran, yaitu retail online, kontrak online, dan lelang online. Penjualan kayu kontrak online merupakan pemasukan terbesar diantara retail dan lelang. 3. Kebijakan akuntansi terhadap penjualan kayu secara online berbeda dengan penjualan kayu secara offline, yang membedakan adalah sistem penjualan dan pengakuan pendapatan. Penjualan kayu secara online menggunakan pihak perantara yaitu PT. Finnet Indonesia, sehingga pengakuan pendapatan atas penjualan kayu online mencatat dari akun Finnet terlebih dahulu, kemudian diterima oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur. Sedangkan penerimaan kas dari penjualan kayu offline langsung diterima oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur. 4. Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur mencatat pendapatan atas penjualan kayu kontrak online berdasarkan Accrual Basis, yang berarti pendapatan diakui pada saat risiko dan kepemilikan barang dipindahkan ke pembeli.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV A 79 18 Pra a
Uncontrolled Keywords: akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DITA ANINDYA YUNI PRAMESTI, 151510613051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Heriyati, , S.E., M.For.Accy.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 31 Aug 2018 14:59
Last Modified: 31 Aug 2018 14:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item