RAKHMAT FIRDIANSYAH, 040610073 (2010) DAMPAK PARTISIPASI DI DALAM KOMUNITAS MEREK VIRTUAL MILIS PRIMBONBB TERHADAP KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PADA PRODUK BLACKBERRY DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-firdiansya-14912-kkbkkb-k.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text (FULTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-firdiansya-13293-kkbkkb-d.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Manusia sebagai mahluk sosial berinteraksi dengan orang lain, bersimpati pada kerabatnya, dan bersikap baik dengan menyesuaikan diri pada lingkungan sosial. Seseorang memiliki kecenderungan untuk berkumpul dengan teman atau kelompok yang memiliki kesamaan cara pandang, perilaku atau aspirasi. Kumpulan individu yang memiliki kesamaan minat, visi atau tujuan disebut dengan komunitas. Seiring perkembangan jaman komunitas-komunitas tersebut terus mengalami kemajuan, selain dalam sesama anggota komunitas dapat bertatap muka, kini mereka bisa berinteraksi di dunia virtual atau dunia maya melalui media internet, dari situlah mulai muncul banyak komunitas-komunitas virtual, yang salah satunya adalah komunitas milis Blackberry. Berdasarkan uraian tersebut, dalam penelitian ini akan dibahas hubungan antara partisipasi di dalam milis Primbonbb dengan kepercayaan pada produk dan perusahaan produsen Blackberry serta loyalitas pada produk Blackberry, dengan obyek penelitian di komunitas virtual milis Primbonbb. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang menitik beratkan hasil pada pengujian hipotesis. Data yang digunakan adalah data primer hasil penyebaran kuesioner dengan metode pengambilan sampling simple random sampling pada partisipan milis Primbonbb yang menjadi sample penelitian yaitu sebanyak 100 orang. Teknik analisa data menggunakan analisis path dengan bantuan software PLS. Hasil penelitian menyebutkan bahwa partisipasi (X) di dalam milis Primbonbb mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan pada perusahaan (Z1) pada perusahaan produsen Blackberry dan kepercayaan pada produk (Z2) pada produk Blackberry. Hasil lain adalah kepercayaan pada produk (Z2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas (Y) serta partisipasi (X) juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas (Y). Namun kepercayaan pada perusahaan (Z1) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas (Y). Pengaruh langsung partisipasi (X) terhadap loyalitas (Y) memiliki pengaruh yang lebih besar jika dibandingkan dengan pengaruh partisipasi terhadap loyalitas yang melalui kepercayaan pada perusahaan dan kepercayaan pada produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK B 394/10 Fir a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | BRAND LOYALITY | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Sheli Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 03 Oct 2016 06:16 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7365 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |