RANCANG BANGUN TELE-MONITORING SPIROMETER BAGI PENDERITA ASTHMA

GALUH AYU KUSUMA WARDHANI, 081017035 (2018) RANCANG BANGUN TELE-MONITORING SPIROMETER BAGI PENDERITA ASTHMA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.T.32-18 War r ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.T.32-18 War r SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 3 September 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit asthma merupakan salah satu bagian dari penyakit paru obstruktif kronik. Penyakit asthma memang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol untuk mengurangi frekuensi kemunculannya. Kontrol asthma dapat dilakukan untuk mengetahui penderita terkontrol dan tak terkontrol melalui kuisoner Asthma Control Test (ACT). Proses pemantauan kondisi penderita asthma tak terkontrol selain menggunakan Asthma Control Test (ACT) membutuhkan peralatan untuk memantau kondisi penderita asthma secara kontinu. Pengukuran volume paru merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya obstruktif paru. Alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran volume paru adalah spirometer dimana alat ini memiliki kemampuan mengukur tekanan maksimal setelah menghembuskan nafas yang diperoleh dari menghirup udara secara maksimal. Pada penelitian ini telah dirancang sebuah spirometer untuk pengukuran Forced Vital Capacity (FVC), Forced Expiratory Volume in One Second (FEV1), dan rasionya menggunakan Arduino Uno. Sensor yang digunakan dalam penelitian ini adalah MPX2010DP dengan menampilkan data hasil pada personal computer dan gadget android. Pada pengujian instrumentasi didapatkan hasil penguatan sebesar 47,5 hingga 60 kali dengan linieritas 0,966. Kesesuaian tampilan hasil data gadget android mampu identik dengan data personal computer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.32/18 War r
Uncontrolled Keywords: Spirometer, Lung Capacity, MPX2010DP Sensor
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
GALUH AYU KUSUMA WARDHANI, 081017035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPujiyanto, Drs., MS.UNSPECIFIED
Thesis advisorFranky Candra S.A., S.T., MT.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 Sep 2018 17:53
Last Modified: 03 Sep 2018 17:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73820
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item