Zainal Abidin and Sikky El Walida (2017) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS CASE (CREATIVE, ACTIVE, SYSTEMATIC, EFFECTIVE) SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI TRANSFORMASI UNTUK MENDUKUNG KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KOMPETENSI MAHASISWA. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya 2017: Peranan Matematika dan Sistem Informasi di Era Big Data untuk Menunjang Perkembangan Iptek di Indonesia. Departemen Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya, Surabaya, pp. 197-202. ISBN 978-602-14413-1-2
|
Text (Zainal Abidin)
29-Zainal-Abidin__Pendidikan_.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan emodul interaktif berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) sebagai alternatif media pembelajaran geometri transformasi untuk mendukung kemandirian belajar dan kompetensi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan Four-D (define, design, develop, dessiminate). Hasil pada tahap define (studi pendahuluan) menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa, sebagian besar mahasiswa lebih tertarik perkuliahan geometri transformasi yang memanfaatkan bahan ajar modul dalam bentuk elektronik interaktif (e-modul interaktif) yang memungkinkan mahasiswa belajar mandiri dan mudah memahami. Perlu dikembangkan bahan ajar yang mudah dipahami, yaitu e-modul interaktif. Hasil tahap design, perancangan draft awal e-modul interaktif geometri transformasi dengan sistematika: pendahuluan (kata pengantar, petunjuk penggunaan e-modul, deskripsi materi, prasyarat, tujuan pembelajaran), kegiatan belajar meliputi: uraian materi dan contoh soal, latihan soal, rangkuman, uji kompetensi, petunjuk jawaban latihan, umpan balik, dan daftar rujukan. Tahap develop (pengembangan), menghasilkan produk draft e-modul interaktif geometri transformasi. Draft e-modul interaktif geometri transformasi yang dirancang dan dikembangkan secara sistematis dengan berpegang pada prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran. Hasil uji coba draft e-modul pada mahasiswa secara terbatas diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 3.30, yang berarti bahwa mahasiswa secara terbatas menilai produk e-modul interaktif geomeri transformasi adalah baik.
Item Type: | Book Section | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA11-14 Study and Teaching, Research Q Science > QA Mathematics > QA440-699 Geometry |
||||||
Divisions: | 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika PROSIDING > Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya 2017 |
||||||
Creators: |
|
||||||
Depositing User: | Ika Rudianto | ||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2018 11:55 | ||||||
Last Modified: | 13 Sep 2018 11:55 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73928 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |