ANALISIS HAMBATAN PADA KLINIK PRATAMA DALAM MEMPERSIAPKAN AKREDITASI (Studi di 4 Klinik Pratama di Kota Surabaya)

ELLY NU’MA ZAHROTI, 101511123085 (2018) ANALISIS HAMBATAN PADA KLINIK PRATAMA DALAM MEMPERSIAPKAN AKREDITASI (Studi di 4 Klinik Pratama di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.142-18 Zah a ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.142-18 Zah a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 13 September 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Akreditasi klinik pratama adalah pengakuan terhadap klinik pratama setelah dinilai memenuhi standar pelayanan klinik pratama yang telah ditetapkan. Belum terdapat satupun klinik pratama di Kota Surabaya yang terakreditasi. Hal tersebut diakibatkan oleh ketidaksiapan klinik pratama dalam menghadapi akreditasi. Diperlukan suatu pengukuran kesiapan akreditasi pada klinik pratama sehingga didapat gambaran kesiapan akreditasi secara kuantitatif. Di dalam mempersiapkan akreditasi, selalu ada hambatan yang dapat membatasi kinerja klinik pratama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan kesiapan akreditasi klinik pratama. Penelitian ini dilakukan di Klinik Pratama Kencana Medika, Klinik Pratama St. Vincentius a Paulo (RKZ), Pelayanan Kesehatan Telkom, dan PLK UNAIR Kampus C. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif. Rancang bangun yang digunakan adalah cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang diambil dengan total populasi. Sampel merupakan petugas yang mewakili klinik dalam mempersiapkan akreditasi. Terdapat dua tahap pengumpulan data di dalam penelitian ini, yaitu pengambilan data kesiapan klinik pratama melalui kuesioner dan analisis hambatan melalui observasi, wawancara, dan diskusi kelompok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Klinik Pratama Kencana Medika, Klinik Pratama St. Vincentius a Paulo (RKZ), dan PLK UNAIR Kampus C belum siap menghadapi akreditasi, sementara Yakes Telkom telah siap menghadapi akreditasi. Klinik pratama memiliki masalah dalam memenuhi SK dan SPO setiap pelayanan yang diprasyaratkan untuk akreditasi. Keterbatasan pengetahuan, sumber daya manusia, dan kebijakan menjadi penyebab rendahnya kesiapan akreditasi. Kesimpulannya, hambatan pengetahuan, sumber daya manusia dan kebijakan yang dimiliki oleh klinik pratama dapat membatasi kinerja klinik pratama dalam mempersiapkan akreditasi. Diperlukan perbaikan kinerja dengan menyusun rencana persiapan akreditasi dan mengikuti pelatihan penyusunan SPO Akreditasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.142/18 Zah a
Uncontrolled Keywords: constraint analysis, primary health clinic accreditation, readiness of accreditation
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ELLY NU’MA ZAHROTI, 101511123085UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 13 Sep 2018 14:43
Last Modified: 13 Sep 2018 14:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73956
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item