ANALISIS KARAKTERISTIK PEKERJA, KONDISI FISIK LINGKUNGAN, DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN TINGKAT DEHIDRASI (Home Industry Pengasapan Ikan di RW 02 Kelurahan Kenjeran Kecamatan Bulak Surabaya)

NENSI KRISTIN NINGSIH, 101411131073 (2018) ANALISIS KARAKTERISTIK PEKERJA, KONDISI FISIK LINGKUNGAN, DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN TINGKAT DEHIDRASI (Home Industry Pengasapan Ikan di RW 02 Kelurahan Kenjeran Kecamatan Bulak Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.160-18 Nin a ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.160-18 Nin a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 14 September 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelurahan Kenjeran Kecamatan Bulak, khususnya RW 02 terkenal dengan home industry pengasapan ikan di Surabaya. Home industry pengasapan ikan selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, juga dapat berisiko menimbulkan dampak bagi kesehatan dan lingkungan. Proses pengasapan ikan dimulai dengan mendapatkan ikan segar sebagai bahan baku, sampai mengasap ikan menggunakan batok kelapa kering yang dibakar. Dari pengamatan di lapangan, pekerja berisiko terhadap paparan panas. Paparan panas tersebut terkait dengan suhu dan kelembapan udara. Kondisi fisik lingkungan tersebut dapat dipengaruhi oleh sanitasi lingkungannya. Kondisi fisik lingkungan yang tidak memenuhi baku mutu, memicu pengeluaran cairan tubuh berlebih, hingga menyebabkan dehidrasi. Tingkat dehidrasi pekerja dipengaruhi oleh karakteristik masing-masing pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakteristik pekerja, kondisi fisik lingkungan, dan sanitasi lingkungan dengan tingkat dehidrasi. Penelitian analitik observasional ini menggunakan model cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 responden yang diambil dari populasi menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan pengukuran untuk variabel kondisi fisik lingkungan, pencahayaan, dan status gizi. Observasi dilakukan untuk mengamati sanitasi lingkungan, wawancara untuk menggali informasi tentang karaktertistik pekerja, lama kerja sehari, dan konsumsi cairan, serta pemeriksaan untuk memerkuat diagnosis tingkat dehidrasi pekerja. Data dianalisis menggunakan uji chi-square, tabulasi silang, dan uji kolmogorov smirnov. Hasil analisis dengan chi-square dan kolmogorov smirnov menunjukkan tidak ada hubungan antara karakteristik pekerja dengan tingkat dehidrasi. Uji chisquare menunjukkan ada hubungan kondisi fisik lingkungan yang meliputi suhu dan kelembapan dengan tingkat dehidrasi. Variabel sanitasi lingkungan yang meliputi kondisi dinding, kondisi lantai, vantilasi, dan pencahayaan yang diuji dengan chi-square menunjukkan tidak ada hubungan dengan tingkat dehidrasi. Sedangkan untuk kondisi atap, kondisi langit-langit, dan sarana pembuangan asap di analisis secara deskriptif dengan tabulasi silang. Terdapat 13 responden (68,4%) yang mengalami dehidrasi sedang untuk kondisi atap dan langit-langit yang 100% tidak memenuhi indikator penilaian, dan ada 13 responden (68,4%) yang mengalami dehidrasi sedang untuk sarana pembuangan asap yang 100% memenuhi indikator penilaian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kondisi fisik lingkungan berhubungan dengan tingkat dehidrasi. Oleh karena itu, disarankan pekerja untuk mencukupi konsumsi cairannya saat bekerja, serta mengatur sirkulasi udara dalam ruang pengasapan ikan dengan menambah ventilasi alami atau local exhaust ventilation dekat sumber panas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.160/18 Nin a
Uncontrolled Keywords: Worker’s characteristic, physical environmental conditions, environmental sanitation, level of dehydration.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NENSI KRISTIN NINGSIH, 101411131073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR Azizah, Dr., SH., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Sep 2018 11:14
Last Modified: 14 Sep 2018 11:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73968
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item