ANALISIS PAPARAN KROMIUM DENGAN DERMATITIS KONTAK PADA PEKERJA HOME INDUSTRY PELAPISAN LOGAM DI KECAMATAN WARU DAN KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

RENTICABELLA PRAHARANIE EDYTYA, 101411131125 (2018) ANALISIS PAPARAN KROMIUM DENGAN DERMATITIS KONTAK PADA PEKERJA HOME INDUSTRY PELAPISAN LOGAM DI KECAMATAN WARU DAN KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.166-18 Edy a ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.166-18 Edy a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 14 September 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri pelapisan logam merupakan salah satu contoh sektor industri logam yang dapat berdampak terhadap kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis paparan kromium dengan dermatitis kontak pada pekerja home industry pelapisan logam di Kecamatan Waru da Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan rancang bangun cross sectional. Penelitian ini dilakukan kepada 20 orang pekerja yang terdiri dari pekerja bagian pelapisan dan pembilasan logam di home industry X Kecamatan Waru, serta home industry Y dan home industry Z di Kecamatan Candi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, kuisioner, wawancara, dan pengukuran kadar kromium pada limbah cair industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur dengan dermatitis kontak korelasi moderat, masa kerja dengan dermatitis kontak korelasi moderat, lama paparan dengan dermatitis kontak korelasi moderat, frekuensi kontak dengan dermatitis kontak korelasi lemah, riwayat penyakit dengan dermatitis kontak korelasi sangat kuat, observasi penggunaan sarung tangan dengan dermatitis kontak korelasi lemah, observasi penggunaan pakaian melindungi seluruh lengan dengan dermatitis kontak kurang berarti, observasi penggunaan pakaian melindungi seluruh badan dengan dermatitis kontak korelasi kurang berarti, observasi penggunaan pakaian melindungi seluruh kaki dengan dermatitis kontak korelasi lemah, observasi penggunaan sepatu boot dengan dermatitis kontak korelasi kurang berarti, personal hygiene dengan dermatitis kontak korelasi moderat, dan kadar limbah cair dengan dermatitis kontak korelasi lemah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah paparan kromium didapatkan dari proses pelapisan logam dengan kromium dan proses pembilasan logam setelah pelapisan logam tersebut. Pemerintah melalui instansi terkait disarankan memberikan penyuluhan terkait tata cara penggunaan APD yang benar dan tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.166/18 Edy a
Uncontrolled Keywords: Contact dermatitis, metal coating, chromium
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS200-770 Metal manufactures. Metalworking
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RENTICABELLA PRAHARANIE EDYTYA, 101411131125UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilis Sulistyorini, Dr., Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Sep 2018 13:14
Last Modified: 14 Sep 2018 13:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73975
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item