PENGARUH EMOTIONAL INTELLEGENCE TERHADAP BURNOUT DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI STUDI KASUS PADA PERAWAT RUMAH SAKIT HUSADA UTAMA SURABAYA

SELVI SAFITRI HERMAWATI, 041211231041 (2018) PENGARUH EMOTIONAL INTELLEGENCE TERHADAP BURNOUT DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI STUDI KASUS PADA PERAWAT RUMAH SAKIT HUSADA UTAMA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 155-18 Her p.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2021.

Download (691kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit merupakan salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang memiliki peran sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Mengingat pentingnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat maka perawat di Rumah Sakit harus memiliki Emotional Intellegence agar tidak terjadi Burnout atau kelelahan. Dimana Emotional Intellegence merupakan sebuah konsep termasuk persepsi, ekspresi dan kontrol emosi, pengendalian diri dan empati. Sedangkan Burnout merupakan suatu problem kemunculannya terjadi ketika seseorang mencapai suatu tujuan yang tidak realistis dan pada akhirnya orang tersebut kehabisan energi dan kehilangan semangat kerja. Self Efficacy merupakan kepercayaan diri menentukan bagaimana orang berfikir, memotivasi diri sendiri, dan berperilaku. Tujuan penelitian untuk menganalisis Pengaruh Emotional Intellegence terhadap Burnout dengan Self Efficacy sebagai variabel Mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perawat bagian rawat inap di Rumah Sakit Husada Utama Surabaya dengan penyebaran kuesioner yang melibatkan 80 perawat dengan menggunakan software WarpPLS versi 5.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada tiga hipotesis yakni pengaruh emotional intellegence terhadap burnout, emotional intellegence terhadap self efficacy, self efficacy terhadap burnout, dan emotional intellegence berpengaruh terhadap burnout melalui self efficacy terbukti signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.155/18 Her p
Uncontrolled Keywords: Emotional Intellegence, Self Efficacy, Burnout
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SELVI SAFITRI HERMAWATI, 041211231041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurtjahja Moegni, Dra. Ec. Hj, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 01 Oct 2018 10:29
Last Modified: 01 Oct 2018 10:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74184
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item