PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PERBEDAAN HARGA BARANG ANTARA YANG TERCANTUM DI RAK DENGAN DI MESIN KASIR INDOMARET

ABDUL HAKIM AMIR, 031211133103 (2018) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PERBEDAAN HARGA BARANG ANTARA YANG TERCANTUM DI RAK DENGAN DI MESIN KASIR INDOMARET. Skripsi thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2021.

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Penting akan adanya perlindungan konsumen jarang sekali konsumen yang mengetahui hak-haknya, maka dari itu pemilik usaha biasanya memanfaatkan situasi tersebut dengan yang ada dalam hal ini perbedaan harga barang antara di rak informasi dengan harga barang yang ada pada mesin kasir. Pelanggaran yang dilakukan pemilik usaha tersebut melanggar hak-hak dari konsumen dalam peraturan perundang undangan yaitu undang undang perlindungan konsumen mencakup mengenai hak konsumen mengenai mendapatkan informasi yang benar atas pembelian yang dilakukan konsumen kepada pemilik usaha. Perbedaan harga yang terjadi mengakibatkan suatu dampak dapat dikatakan sebagai akibat hukum, dampak yang terdapat pada undang-undang bahwa dalam Peraturan Menteri Perdagangan No 35 tahun 2013 yang intinya bahwa pemilik usaha yang curang atas perbedaan harga awal mendapatkan 3 teguran dan apabila dilanjutkan maka dampak berikutnya mengakibatkan pencabutan izin usaha dari direktur jendral standarisasi dan perlindungan konsumen. Pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik usaha terhadap konsumen mencakup 3 peraturan yang ada dalam kasus perbedaan harga masuk dalam BW, UUPK, Permendag no 35 tahun 2013. Pertama dalam BW mengenai perbuatan melawan hukum, kemudian dalam UUPK mengenai hak-hak konsumen dengan kewajiban konsumen, dan Permendag No 35 tahun 2013 mengenai pencantuman harga barang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 174/18 Ami p
Uncontrolled Keywords: perlindungan konsumen ;perbedaan harga; rak ;mesin kasir.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Dasar Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ABDUL HAKIM AMIR, 031211133103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGianto Alimron, S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2018 11:54
Last Modified: 01 Oct 2018 11:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item