HUBUNGAN ANTARA KADAR HEMOGLOBIN DARAH DENGAN GANGGUAN KOGNITIF YANG DINILAI DENGAN MENGGUNAKAN MoCA-INA PADA PASIEN HIV DI POLI UPIPI RSUD dr. SOETOMO SURABAYA

Cut Qadrina Fauzia, dr. (2018) HUBUNGAN ANTARA KADAR HEMOGLOBIN DARAH DENGAN GANGGUAN KOGNITIF YANG DINILAI DENGAN MENGGUNAKAN MoCA-INA PADA PASIEN HIV DI POLI UPIPI RSUD dr. SOETOMO SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDS.NEU.06-18 Fau h Abstrak.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PPDS.NEU.06-18 Fau h.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan HIV bisa menyebabkan gangguan dan kerusakan dari sistem saraf pusat. Komplikasinya berupa gangguan kognitif dan perilaku yang disebut dengan kompleks demensia AIDS (ADC), atau HIV associated neurocognitive disorder (HAND). Selain komplikasi gangguan kognitif, komplikasi hematologi merupakan penyebab morbiditas dan mortalitas paling tinggi kedua pada pasien HIV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar hemoglobin darah dengan kejadian gangguan kognitif yang dinilai dengan menggunakan MoCA-Ina pada pasien HIV di poli UPIPI RSUD dr.Soetomo Surabaya. Metode Penelitian ini dilakukan secara observasional analitik dengan pendekatan studi case control, dilakukan pada 72 pasien HIV yang sedang kontrol di Poli UPIPI RSUD Dr Soetomo, yang memenuhi kriteria inklusi dan eklusi, sejak Januari hingga Februari 2018. Subyek penelitian diperiksa fungsi kognitif dengan menggunakan Moca INA. Setelah itu subyek dilakukan pemeriksaan kadar hemoglobin darah. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil Didapatkan 72 subyek penelitian yang terbagi menjadi 36 subyek dalam kelompok kasus (18 laki-laki, 18 perempuan) dan 36 subyek dalam kelompok kontrol (20 laki-laki, 16 perempuan). Pada kelompok kasus terdapat 22 orang (61.1%) dengan anemia, lebih banyak daripada kelompok kontrol sebanyak 2 orang (5.6 %). Perbedaan ini bermakna secara statistik dengan p = 0,000. Nilai rasio odd pada penelitian ini adalah sebesar 26.714 (IK 95%(5.526-129.135) Kesimpulan Terdapat hubungan antara kadar hemoglobin darah dengan kejadian gangguan kognitif yang dinilai dengan menggunakan MoCA-Ina pada pasien HIV di poli UPIPI RSUD dr.Soetomo Surabaya .

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.NEU.06-18 Fau h
Uncontrolled Keywords: kadar hemoglobin darah,anemia, Moca INA, gangguan kognitif, HAND
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Saraf
Creators:
CreatorsNIM
Cut Qadrina Fauzia, dr.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Hamdan, dr. Sp.S(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Oct 2018 13:29
Last Modified: 08 Oct 2018 13:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74446
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item