GAMBARAN PERILAKU SEKSUAL PRA NIKAH PADA MAHASISWA RANTAU DI SURABAYA

TAMARA AVIILA, 101411131080 (2018) GAMBARAN PERILAKU SEKSUAL PRA NIKAH PADA MAHASISWA RANTAU DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.194-18 Avi g ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.194-18 Avi g SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2021.

Download (875kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku seksual pra nikah mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil survei kesehatan reproduksi republik indonesia yang dilakukan pada usia 15-24 tahun didapatkan bahwa dari tahun 2007 hingga tahun 2012 mengalami peningkatan perilaku seksual pra nikah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan perilaku seksual pra nikah pada mahasiswa rantau di Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Kota Surabya dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dilakukan dengan cara indepth interview. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang. Cara pengambilan informan menggunakan teknik snowballing. Variabel dalam penelitian ini adalah karakteristik informan, pengetetahuan, dan lima variabel dari Teori Snehandu B. Karr Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan informan mengenai perilaku seksual pra nikah telah memadai. Variabel niat, ditemukan dua niat yang berbeda yakni niat dalam berpacaran dan niat dalam melakukan perilaku seksual pra nikah. Terdapat dua niat bebeda menurut jenis kelamin, Variabel dukungan sosial, peran orang tua lebih mendorong untuk menghindari, sedangkan peran teman sebaya lebih mendorong untuk melakukan perilaku seksual pra nikah. Pada variabel terjangkaunya informasi dimanfaatkan informan untuk mencari informasi yang diinginkan untuk melakukan perilaku tersebut. Pada variabel personal authonomy didapatkan hasil pengambilan keputusan yang berbeda sesuai jenis kelamin. Variabel action situation didapatkan hasil yang sama yakni tempat yang sepi yang dipilih temaja untuk melakukan perilaku tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, seluruh determinan perilaku menurut Teori Snehandu B. Karr sesuai dengan yang dialami oleh para informan. Mulai dari niat, meskipun terdapat perbedaan niat sesuai jenis kelamin. Dukungan sosial, terjangkaunya informasi hak asasi yang digunakan informan untuk melakukan perilaku seksual pra nikah. Serta situasi dan kondisi yang memungkinkan. Saran dari kesimpulan penelitian ini adalah melakukan pemberian edukasi, dan dilakukan pemberian dukungan dan pengawasan yang lebih dari masing-masing orang tua, serta pengawasan dari para ibu kos atau pemilik rumah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.194/18 Avi g
Uncontrolled Keywords: Premarital sex, overseas students, adolescents
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
TAMARA AVIILA, 101411131080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPulung Siswantara, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Oct 2018 15:22
Last Modified: 09 Oct 2018 15:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74450
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item