PENGEMBANGAN COMMUNITY BASED ECONOMIC DEVELOPMENT SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) 2030 (Studi Deskriptif Pada Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang)

NENY SUSANTI, 071411131047 (2018) PENGEMBANGAN COMMUNITY BASED ECONOMIC DEVELOPMENT SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) 2030 (Studi Deskriptif Pada Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.38 18 Sus p.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.38 18 Sus p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.38 18 Sus p.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan Community Based Economic Development (CBED) dalam kelompok UPPKS, serta kendala yang terjadi dalam pengembangan tersebut. Selain itu penelitian ini menganalisis konstribusi kelompok UPPKS berbasis CBED sebagai upaya pencapaian tujuan pertama dari Sustainable Development Goals (SDG’s) 2030 yakni “Tanpa Kemiskinan” di Kabupaten Jombang khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Penelitian ini menggunakan grand teori pembangunan ekonomi, pembangunan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan yang menggunakan pendekatan pemberdayaan. Konsep CBED dalam penelitian ini memiliki 3 aspek yakni 1) Peningkatan Pengetahuan 2) Gaya Kepemimpinan, dan 3) Pemberian Bantuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, studi dokumen, dan wawancara mendalam dengan informan. Penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan pihak-pihak yang dianggap paling mengetahui terkait pengembangan kelompok UPPKS di Kabupaten Jombang yakni Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) sebagai pelaksana dari UPPKS, UPT DPPKB sebagai pelaksana lapangan pengembangan kelompok UPPKS, Asosiasi Kelompok UPPKS sebagai wadah yang menaungi kelompok UPPKS, dan kelompok UPPKS sebagai sasarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.38/18 Sus p
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Ekonomi, Community Based Economic Development (CBED), Sustainable Development Goals (SDG’s)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1021-1027 Commercial geography. Economic geography
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
NENY SUSANTI, 071411131047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulikah Asmorowati, S.Sos., MDevSt., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Oct 2018 09:23
Last Modified: 10 Oct 2018 09:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74544
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item