EVALUASI DAMPAK PROGRAM PENGEMBANGAN KAWASAN MINAPOLITAN BERBASIS PERIKANAN BUDIDAYA BAGI MASYARAKAT DESA GONDOSULI KECAMATAN GONDANG KAPUPATEN TULUNGAGUNG

Hendrik Dede Pujo Kurniawan, 071411133027 (2018) EVALUASI DAMPAK PROGRAM PENGEMBANGAN KAWASAN MINAPOLITAN BERBASIS PERIKANAN BUDIDAYA BAGI MASYARAKAT DESA GONDOSULI KECAMATAN GONDANG KAPUPATEN TULUNGAGUNG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.45 18 Kur e.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.45 18 Kur e.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.45 18 Kur e.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak dari program pengembangan kawasan minapolitan khususnya bagi masyarakat desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Program ini merupakan program yang telah diterbitkan langsung oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan Melalui Keputusan Menteri Kelautan Dan perikanan No. 18/Men/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi dampak program yang dikemukakan oleh John Owen yaitu Process-outcomes studies, kemudian akan dilanjutkan dengan melihat dampak yang dihasilkan dari program, kepada kelompok sasaran, yang dilihat dari sudut padang aspek ekonomi pertanian. Selain itu peneliti juga menggunakan teori dimensi dampak yang dikemukakan oleh Langbein dalam mengukur dampak program dengan cara melihat kesenjangan dampak yang dikategorikan ke dalam dua kategori yaitu selisih antara dampak aktual dengan yang diharapkan dan berbagai dampak yang tak diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang kemudian berkembang dengan menggunakan teknik snowball, Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan program pengembangan kawasan minapolitan di Kabupaten Tulungagung sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan Dan Perikanan No. 18/Men/2011. Kemudian dampak ekonomi pertanian dalam program ini terdapat (1) adanya perubahan dalam peningkatan produksi komoditas pertanian, (2) tidak adanya perubahan di sektor permintaan dan penawaran pertanian, (3) adanya perubahan peningkatan di sektor pemasaran dan produktivitas pertanian dan (4) adanya peningkatan dalam sektor usaha tani serta pendapatan dan pengeluaran rumah tangga. Namun disisi lain peneliti menemukan dampak yang tidak inginkan dari program pengembangan kawasan minapolitan, yaitu memberikan dampak pencemaran terhadap lingkungan sekitar dan adanya kecemburuan sosial di dalam masyarkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.45/18 Kur e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Dampak, Program Pengembangan Kawasan Minapolitan, Masyarakat Desa, Ekonomi Pertanian.
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Hendrik Dede Pujo Kurniawan, 071411133027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, Dr., S.IP., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Oct 2018 10:40
Last Modified: 10 Oct 2018 10:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74552
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item