EFEKTIVITAS PROGRAM PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS (PLPBK) DALAM UPAYA MEWUJUDKAN COMMUNITY GOVERNANCE (Studi Pada Program PLPBK Di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya)

DEVVY PUTRI, 071411131022 (2018) EFEKTIVITAS PROGRAM PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS (PLPBK) DALAM UPAYA MEWUJUDKAN COMMUNITY GOVERNANCE (Studi Pada Program PLPBK Di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.50 18 Put e.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.50 18 Put e.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.50 18 Put e.pdf

Download (243kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang efektivitas program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) dalam mewujudkan community governance di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak Kota Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kecamatan tersebut merupakan wilayah yang menjadi Kawasan prioritas ke 1 dalam peningkatan kualitas perumahan dan permukiman. tepatnya di Kelurahan Kedung Cowek yang memiliki tingkat kekumuhan yang cukup tinggi. Untuk menanggulangi masalah tersebut,sejak tahun 2015 Pemerintah Kota Surabaya melalui kelompok swadaya masyarakat (KSM) Kelurahan Kedung Cowek melaksanakan program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK). Dalam menganalisis tentang efektivitas, penelitian ini menggunakan teori dari Ripley untuk menilai tingkat keberhasilan program dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunkan aspek akses, cakupan, bias, akuntabilitas, kesesuaian program dengan kebutuhan dan dalam mewujudkan community governance peneliti menggunakan 2 prinsip dari Clarke dan Stewart. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dari lima aspek untuk menilai hasil pelaksanaan Program PLPBK, hanya empat indikator saja yang dinilai efektif dalam pelaksanaannya yaitu akses, cakupan, bias, akuntabilitas. Satu diantara aspek tersebut belum optimal yaitu kesesuaian program dengan kebutuhan. Selanjutnya dari hasil penelitian terdapat proses community governance di dalam program PLPBK dengan melihat prinsip-prinsip yang harus dilaksanakan kelompok swadaya masyarakat (KSM) yaitu 1) Komunitas harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada kesejahteraan seluruh masyarakat yang berada di wilayah komunitasnya 2) Peran komunitas dalam community governance hanya untuk memberdayakan masyarakat yang berada di lingkungan komunitas tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.50/18 Put e
Uncontrolled Keywords: Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK),Community Governance, Evaluasi Program, Efektivitas, Daerah Kumuh.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
DEVVY PUTRI, 071411131022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulikah Asmorowati, S.Sos., MDevSt., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Oct 2018 11:29
Last Modified: 10 Oct 2018 11:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74559
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item