EVALUASI PROGRAM BROADBAND LEARNING CENTER (Studi Tentang Efektivitas dan Efisiensi Pada Program Broadband Learning Center Di Kota Surabaya)

MUFLIHA, 071111021 (2018) EVALUASI PROGRAM BROADBAND LEARNING CENTER (Studi Tentang Efektivitas dan Efisiensi Pada Program Broadband Learning Center Di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.53 18 Muf e.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.53 18 Muf e.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2021.

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.53 18 Muf e.pdf

Download (315kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi semakin pesat dan mempengaruhi setiap aspek kehidupan. Produk teknologi pun sudah menjadi kebutuhan sehari-hari seperti handphone, komputer maupun internet. Namun, pemanfaatan internet di Indonesia masih tertinggal dan belum digunakan secara produktif. Oleh karena itu,Pemerintah Kota Surabaya menciptakan inovasi Program Broadband Learning Center sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan teknologi, informasi, dan komunikasi. Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penilaian tentang pencapaian dari pelaksanaan program Broadband Learning Center di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya dan sepuluh kios BLC sebagai tempat pelaksanaan program. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Selanjutnya, proses analisa data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan program Broadband Learning Center di Kota Surabaya belum efektif dan belum efisien dalam mencapai tujuan program. Hal ini disebabkan karena penilaian terhadap pelaksanaan program yang dilakukan dengan menggunakan dua kriteria, belum terpenuhi seluruh aspeknya. Pada kriteria efektivitas terdapat empat aspek yang sudah terpenuhi yaitu akses, frekuensi, bias dan kesesuaian program dengan kebutuhan. Sedangkan dua aspek yang belum terpenuhi yaitu cakupan dan akuntabilitas. Kemudian pada kriteria efisiensi perbandingan antara input dengan output menunjukkan hasil pelaksanaan program belum efisien dalam mencapai tujuan program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.53/18 Muf e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Efektivitas, Efisiensi, Program, Broadband Learning Center
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
L Education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
MUFLIHA, 071111021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas Supramudyo, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Oct 2018 11:58
Last Modified: 10 Oct 2018 11:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74562
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item