HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN, NILAI, DAN SELF EFFICACY DENGAN MOTIVASI BERHENTI MEROKOK PADA PEKERJA DIVISI K3LH DI PT. PAL INDONESIA (PERSERO)

FAUZAN RIZQI WIDY PUTRA, 101411133046 (2018) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN, NILAI, DAN SELF EFFICACY DENGAN MOTIVASI BERHENTI MEROKOK PADA PEKERJA DIVISI K3LH DI PT. PAL INDONESIA (PERSERO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.197-18 Put h ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.197-18 Put h SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 11 October 2021.

Download (905kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rokok merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Tercatat bahwa rokok telah merengut nyawa sekitar 244.000 orang tiap tahunnya di Indonesia. Tercatat pula konsumen rokok mayoritas adalah pekerja. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pengetahuan, self efficacy, dan nilai dengan motivasi berhenti merokok. Penelitian ini menggunakan Spendekatan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 43 pekerja. Variabel dalam penelitian ini adalah usia, tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan terkait rokok, tingkat nilai, tingkat self efficacy, dan tingkat motivasi berhenti merokok. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan, self efficacy, dan motivasi yang tinggi. Responden memiliki pandangan bahwa rokok akan memberikan bahaya bagi tubuh. Hasil uji spearmen didapatkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan, self efficacy, dan nilai dengan motivasi berhenti merokok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor internal (tingkat pengetahuan, self efficacy, dan nilai) terdapat hubungan dengan motivasi berhenti merokok. Oleh karena itu, PT. PAL perlu menyediakan jasa konseling guna memberikan informasi tahapan atau metode untuk berhenti merokok dan melarang penjualan rokok di wilayah PT. PAL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.197/18 Put h
Uncontrolled Keywords: Cigarette, worker, colleration, motivation
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FAUZAN RIZQI WIDY PUTRA, 101411133046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIra Nurmala, S. KM, M. PH., Ph. D.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 11 Oct 2018 10:16
Last Modified: 11 Oct 2018 10:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74584
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item