IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELATIHAN KERJA BERBASIS KOMPETENSI OLEH UPT PELATIHAN KERJA SURABAYA SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

DENNAR TAUFFANI RACHMASTIKA, 071111011 (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELATIHAN KERJA BERBASIS KOMPETENSI OLEH UPT PELATIHAN KERJA SURABAYA SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.79 18 Rac i.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.79 18 Rac i.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.79 18 Rac i.pdf

Download (248kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tenaga kerja yang ada di Indonesia mayoritas merupakan tenaga kerja yang masih memiliki pendidikan di bawah rata-rata dan tidak memiliki keterampilan tertentu sehingga sangat sulit untuk memperoleh pekerjaan. Dengan keadaan yang seperti itu, pemerintah melalui UPT Pelatihan Kerja Surabaya menyelenggarakan pelatihan kerja berbasis kompetensi guna meningkatkan kualitas SDM yanag ada di Surabaya khususnya agar mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pelatihan kerja berbasis kompetensi oleh UPT Pelatihan Kerja Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik penentuan informan secara purposive. Data yang diperoleh merupakan hasil observasi, wawancara mendalam dan dokomentasi. Proses analisa data dapat menggabungkan data primer dan sekunder yang didapat, selanjutnya melakukan pengkategorian menggunakan tema substantif yang disiapkan dan menata kembali untuk dilakukan interpretasi data dan kesimpulan. Kemudian validitas data diuji dengan triangulasi data sehingga data yang disajikan ialah data yang absah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pelatihan berbasis kompetensi oleh UPT Pelatihan Kerja Surabaya telah berjalan dengan baik. Namun terdapat beberapa aspek yang belum terpenuhi yakni, sumber daya instruktur dan peralatan pelatihan yang belum memadai, pegawai honorer yang kurang paham terhadap tugasnya. Secara sistem, aspek-aspek tersebut dapat mengganggu keberhasilan implementasi kebijakan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.79/18 Rac i
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Sumber Daya Manusia, implementasi kebijakan, pelatihan kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
DENNAR TAUFFANI RACHMASTIKA, 071111011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Dr., Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 12 Oct 2018 09:52
Last Modified: 12 Oct 2018 09:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item