MAKNA KEMISKINAN DALAM STRUKTUR CERPEN-CERPEN PADA KUMPULAN CERPEN LUMPUR TUHAN DAN 12 CERITA LAINNYA KARYA MASHDAR ZAINAL

FADHILATUL AIDAH, 121411131006 (2018) MAKNA KEMISKINAN DALAM STRUKTUR CERPEN-CERPEN PADA KUMPULAN CERPEN LUMPUR TUHAN DAN 12 CERITA LAINNYA KARYA MASHDAR ZAINAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 63 18 Aid m ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 63 18 Aid m FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi yang berjudul “MaknaKemiskinan di dalamStruktur Cerpen- Cerpenpada Kumpulan CerpenLumpur Tuhandan 12 CeritaLainnyaKaryaMashdarZainal” bertujuanuntukmengidentifikasikemiskinan di dalamstrukturcerpen-cerpensertamenemukanmaknakemiskinantokohyang ada di dalamkumpulancerpentersebut.Hasilpenelitianinidiharapkandapatmenambahwawasan tentangsikaptokoh-tokohterhadapkemiskinanmateridanperistiwaatastakdirTuhan yang dialamiolehtokoh-tokohnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan memanfaatkan teori strukturalisme yang dikemukakan oleh Robert Stanton. Langkah pertama, mengindentifikasi kemiskinan di dalam struktur cerpen yang berisi tema, karakter tokoh, latar, dan sudut pandang yang dijelaskan di dalam cerpen. Langkah kedua, mengemukakan makna kemiskinan yang dialami oleh tokoh-tokohnya berdasarkan ikon, indeks, simbol di setiap struktur cerpen Lumpur Tuhan dan 12 Cerita Lainnyadengan memakai teori Peirce. Hasilpenelitiandariini, sikaptokohtokohtentangkemiskinandilakukanolehtokohtokohnyatanpamemikirkankesedihanatasnasib yang telahdialami,adanyakondisikehidupan yang berbedabedamengarahpadakondisimasyarakatJawaTimur yang sesuaidenganidentitaspelakukehidupan diJawaTimur.Hal itudapatdibuktikanmelaluibeberapapandangantokohtokohdalammenyikapikemiskinan yang ada di dalamkumpulancerpenini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI 63/18 Aid m
Uncontrolled Keywords: struktur, sikap tokoh, kemiskinan, makna
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
FADHILATUL AIDAH, 121411131006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPurwantini, Dra. Hj. , M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Oct 2018 08:55
Last Modified: 15 Oct 2018 08:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74707
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item