Persepsi Masyarakat Ponorogo Terhadap Pelayanan Arsip Kependudukan (Studi Diskriptif Persepsi Masyarakat terhadap Pelayanan KTP-Elektronik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ponorogo)

Paradina Sukma Guna Sarika, 071611623025 (2018) Persepsi Masyarakat Ponorogo Terhadap Pelayanan Arsip Kependudukan (Studi Diskriptif Persepsi Masyarakat terhadap Pelayanan KTP-Elektronik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.33 18 Sar p.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.33 18 Sar p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.33 18 Sar p.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan mempersepsikan memiliki tataran yang lebih kompleks dari kegitan penginderaan. Dalam persepsi, pancaindera digunakan sebagai media penyalur stimulus menuju otak yang kemudian, kognisi akan memprosesnya dengan menggabungkan berbagai hal untuk memahami stimulus yang diterimanya. Perubahan KTP konvensional menjadi KTP-elektronik menjadi sebuah stimulus baru bagi seluruh masyarakat, dimana keberadaanya menjadi sangat penting untuk dimiliki. Hal tersebut dikarenakan keberadaan KTP-elektronik sendiri sekarang telah mulai diintegrasikan dengan berbagai kegiatan administrasi seperti pencatatan pernikahan, BPJS, pebankkan, dll. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat Ponorogo mengenai pelayanan KTP-elektronik sebagai sebuah arsip kependudukan yang wajib dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia. Penelitian ini dilakukan di kalangan masyarakat Kabupaten Ponorogo yang sedang melakukan pelayanan KTP-elektronik di UPT Dinas Keendudukan dan Pencatatan Sipil yang tersebar diseluruh kecamatan sekabupaten Ponorogo, dengan sampel sejumlah 100 responden. Permasalahan tersebut akan dijawab menggunakan teori persepsi yang meliputi empat proses yaitu: stimulus atau situasi yang hadir, registrasi, interpretasi, dan umpan balik (feedback). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif yang menjelaskan kondisi objek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah mayoritas masyarakat sebesar 57 responden memiliki persepsi yang masuk dalam kategori tinggi mengenai pelayanan KTP-elektronik yang diberikan oleh masing-masing UPT Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Persepsi masyarakat ini juga dapat dikaitkan dengan karakteristik responden yang berupa pendidikan. Dari hasil persilangan antara pendidikan dan persepsi masyarakat terdapat hubungan yang positif, dimana semakin tinggi tingkat pendidikan maka persepsi yang dimiliki juga semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.33/18 Sar p
Uncontrolled Keywords: persepsi, KTP-elektronik, asip kependudukan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Paradina Sukma Guna Sarika, 071611623025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRagil Tri Atmi, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Oct 2018 11:59
Last Modified: 16 Oct 2018 11:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74749
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item