EFEKTIVITAS KOMPRES HANGAT SUPRAPUBIS DAN BLADDER TRAINING TERHADAP REFLEK BERKEMIH PADA PASIEN POST OPERASI TEKNIK ANESTESI SPINAL DI IRNA BEDAH RSUD SIDIKALANG QUASY EXPERIMENT

Enny Selawaty Boangmanalu, NIM. 131611123059 (2017) EFEKTIVITAS KOMPRES HANGAT SUPRAPUBIS DAN BLADDER TRAINING TERHADAP REFLEK BERKEMIH PADA PASIEN POST OPERASI TEKNIK ANESTESI SPINAL DI IRNA BEDAH RSUD SIDIKALANG QUASY EXPERIMENT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 143_18 Boa e ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 143_18 Boa e.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pasien yang mengalami pembedahan akan diberikan anestesi. Anestesi dapat mengakibatkan gangguan pengeluaran urin. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas kompres hangat dan bladder training dalam pemulihan reflek berkemih. Pemulihan reflek berkemih lebih cepat dengan menggunakan kompres hangat. Metode: Penelitian dilakukan dengan menggunakan quasy eksperiment dengan post test control group design, teknik pengambilan data yaitu accidental sampling dengan 28 sampel terbagi dalam 14 responden kelompok intervensi kompres hangat suprapubis dan 14 responden kelompok intervensi bladder training. Variabel dependen dari penelitian ini adalah reflek berkemih, sedangkan variabel independen yaitu kompres hangat dan bladder training. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi. Uji analisis menggunakan Independent T-Test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan ada efektivitas pemberian kompres hangat terhadap pemulihan reflek berkemih post operasi teknik spinal anestesi lebih cepat dibandingkan dengan bladder training (p= 0,000) p = 0,05. Kompres hangat suprapubis akan memberikan pemulihan reflek berkemih akibat anestesi dengan waktu 11,373 menit sedangkan bladder training akan memberikan reflek berkemih akibat anestesi dengan waktu 30,8656 menit. Kesimpulan: Kompres hangat suprapubis sangat efektif dalam pemulihan reflek berkemih post operasi teknik anestesi spinal dibandingkan dengan bladder training. Kompres hangat suprapubis dapat digunakan oleh perawat sebagai suatu intervensi bagi pasien yang baru mengalami post operasi teknik anestesi spinal untuk mencegah gangguan perkemihan sebagai efek anestesi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 143/18 Boa e
Uncontrolled Keywords: Kompres hangat, bladder training, Pemulihan reflek berkemih
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD520-599.5 Surgery by region, system, or organ
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Enny Selawaty Boangmanalu, NIM. 131611123059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantAbu Bakar, Dr., M.Kep., Sp.Kep.M.BUNSPECIFIED
ConsultantLailatun Ni'mah, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 17 Oct 2018 10:52
Last Modified: 17 Oct 2018 10:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74788
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item