HUBUNGAN PEMAKAIAN JENIS KONTRASEPSI DAN GAYA HIDUP DENGAN STATUS GIZI PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR

Dewi Fajarwati Prihatiningsih, NIM. 131611123042 (2017) HUBUNGAN PEMAKAIAN JENIS KONTRASEPSI DAN GAYA HIDUP DENGAN STATUS GIZI PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FPK N 145_18 Pri h ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FPK N 145_18 Pri h.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pemakaian kontrasepsi memberikan beberapa efek samping, dimana peningkatan berat badan menjadi keluhan paling banyak bagi akseptor. Peningkatan berat badan dapat dipengaruhi faktor lain, yaitu gaya hidup. Metode: penelitian ini bertujuan menganilis hubungan pemakaian jenis kontrasepsi dan gaya hidup dengan status gizi pada wanita pasangan usia subur. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh wanita pasangan usia subur pengguna kontrasepsi yang terdaftar di Puskesmas Colomadu I, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jumlah sampel penelitian 117 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Variabel independen yaitu jenis kontrasepsi dan gaya hidup wanita pasangan usia subur, sedangkan variabel dependen yaitu status gizi wanita pasangan usia subur. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, timbangan berat badan, dan pengukur tinggi badan. Data kemudia dianalisis menggunakan Chisquare. Hasil: hasil menunjukkan bahwa tidak ada hubungan pemakaian jenis kontrasepsi dengan status gizi pada wanita pasangan usia subur (p=0,272), namun terdapat hubungan gaya hidup dengan status gizi pada wanita pasangan usia subur (p=0,000). Diskusi: dapat disimpulkan bahwa ada tidak ada hubungan pemakaian jenis kontrasepsi dengan status gizi pada wanita pasangan usia subur, dan ada hubungan gaya hidup dengan status gizi pada wanita pasangan usia subur. Semakin sehat gaya hidup wanita pasangan usia subur maka semakin baik status gizinya. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti tentang analisa faktor yang berkaitan dengan status gizi pada wanita pasangan usia subur serta perubahan berat badan sebelum dan setelah pemakaian kontrasepsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 145/18 Pri h
Uncontrolled Keywords: kontrasepsi, gaya hidup, status gizi, wanita pasangan usia subur
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Dewi Fajarwati Prihatiningsih, NIM. 131611123042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNi Ketut Alit Armini, S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantAria Aulia Nastiti, S.Kep. Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 17 Oct 2018 13:41
Last Modified: 17 Oct 2018 13:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74795
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item