Pemanfaatan Komik Conan dalam Mengisi Waktu Luang (Studi Deskriptif Pemanfaatan Komik Conan terhadap Komunitas Pecinta Komik Conan)

Alif Adryl Cudmandya, 071116069 (2018) Pemanfaatan Komik Conan dalam Mengisi Waktu Luang (Studi Deskriptif Pemanfaatan Komik Conan terhadap Komunitas Pecinta Komik Conan). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.48 18 Cud p.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.48 18 Cud p.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.48 18 Cud p.pdf

Download (147kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di zaman era informasi saat ini, masyarakat dituntun untuk mencari informasi sebanyak mungkin demi kelangsungan hidup mereka masing-masing. Informasi yang ada saat ini menjadi lebih canggih setelah informasi bisa ditangkap melalui berbagai media baik cetak maupun elektronik. Selain itu, munculnya perangkat teknologi seperti gadget, juga memberikan kemudahan masyarakat memperoleh informasi.Ada juga bahan cetak sebagai media untuk memperoleh informasi,dan juga ada tempat untuk mencari informasi tersebut yaitu perpustakaan. Namun, sayangnya kurangnya sosialisasi perpustakaan sebagai pusat informasi membuat masyarakat lebih cenderung terhadap perangakat teknologi. Padahal, informasi yang disampaikan, belum diselidiki kebenarannya,sehingga mereka terpapar informasi yang tidak jelas.Inilah yang menyebabkan minat baca di Indonesia masih tergolong rendah karena masyarakat belum dapat membaca informasi dengan skala besar. Informasi juga memuat hiburan seperti buku komik. Akan tetapi, masyarakat juga belum paham tentang keistimewaan komik yang membuat anak mereka menjadi terkekang kebebasannya dalam membaca apa yang mereka suka. Memang membaca komik ada dampak negatifnya, tetapi masyarakat harus memahami dampak positif bagi anak mereka untuk membaca komik,bukan berarti anak mereka tidak mau belajar buku pelajaran mereka. Karena zaman sekarang,masyarakat kini sudah kritis dan kini mereka diuji dimana kebebasan ekspresi mereka tidak sebebas dahulu malah semakin terkekang hanya karena masalah sepele yang bermacam-macam khususnya dalam hal membaca. Hal ini bisa berdampak bagi kondisi psikis masyarakat itu sendiri termasuk anak-anak karena merasa kebebebasan mereka diambil begitu saja tanpa terkecuali. Oleh karena itu, berikanlah bacaan yang mereka suka termasuk komik agar mereka dapat meningkatkan daya minat baca mereka untuk dapat membaca bahan bacaan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.48/18 Cud p
Uncontrolled Keywords: Komik, minat baca
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > Including race as a social group and race relations in general
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Alif Adryl Cudmandya, 071116069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Susantari, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Oct 2018 16:14
Last Modified: 17 Oct 2018 16:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74803
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item