HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN INTENSITAS KEBISINGAN TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PEKERJA BAGIAN HULL CONSTRUCTION DI PT DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA

NUR LAILI RIZKIAWATI, 101411133023 (2018) HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN INTENSITAS KEBISINGAN TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PEKERJA BAGIAN HULL CONSTRUCTION DI PT DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.206-18 Riz h ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.206-18 Riz h SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri saat ini menggunakan teknologi selain berdampak positif, juga menimbulkan dampak negatif seperti pengaruh buruk terhadap pekerja maupun lingkungan kerjanya seperti terpapar bising. Setiap orang yang bekerja akan memiliki beban pada pekerjaannya dan tanggung jawab. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan pekerja salah satunya gangguan tekanan darah. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari hubungan antara beban kerja dan intensitas bising dengan tekanan darah pada pekerja bagian bengkel Hull Construction di PT Dok dan Perkapalan Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif, menggunakan desain penelitian cross sectional. Total populasi penelitian sebesar 41 orang dengan ketentuan responden memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran denyut nadi, pengukuran kebisingan dan pengukuran tekanan darah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Pearson dan Spearman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tekanan darah berhubungan terhadap usia, status gizi, masa kerja, beban kerja dan intensitas bising. PT Dok dan Perkapalan perlu memberikan perhatian terhadap kesehatan pekerja seperti pengecekatan tekanan darah dan pemberian alat pelindung telinga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.206/18 Riz h
Uncontrolled Keywords: work load, noisy intensity, blood preasure
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NUR LAILI RIZKIAWATI, 101411133023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNoeroel Widajati, Dr., S.KM., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Oct 2018 09:57
Last Modified: 18 Oct 2018 09:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item