PENGARUH MOBILISASI DENGAN MEDIA KALENDER TTS (TIME TURNING SCHEDULE) TERHADAP KEJADIAN LUKA DEKUBITUS DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN

TITAH KHALIMATUS SYA’DIYAH, NIM.: 131611123037 (2017) PENGARUH MOBILISASI DENGAN MEDIA KALENDER TTS (TIME TURNING SCHEDULE) TERHADAP KEJADIAN LUKA DEKUBITUS DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 156_18 Sya p ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 156_18 Sya p.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Dekubitus merupakan masalah yang sering terjadi pada pasien dengan penyakit kronis, pasein yang sangat lemah dan pasien yang lumpuh dalam waktu lama. Mobilisasi dengan media kalender Time Turning Schedule (TTS) merupakan salah satu intervensi untuk mencegah terjadinya dekubitus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mobilisasi dengan media kalender Time Turning Schedule (TTS) terhadap kejadian dekubitus. Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental yaitu pretestposttest with two group, teknik purposive sampling, jumlah responden 32 orang terbagi dalam kelompok perlakuan dan kontrol. Sampel diambil dari populasi klien berisiko dekubitus dengan skor Norton di Ruang Marwah RS. Muhammadiyah Lamongan yang memenuhi kriteria inklusi. Data diambil meliputi kejadian dekubitus menurut National Pressure Ulcer Advisory Panel (NPUAP). Data kemudian dianalisis menggunakan Uji Mann Whitney . Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara mobilisasi dengan media kalender terhadap kejadian dekubitus (p=0,017). Diskusi: Mobilisasi dengan media kalender TTS mempunyai kelebihan dibandingkan dengan intervensi lain dalam mencegah dekubitus karena dalam kalender TTS terdapat jadwal mobilisasi yang lebih teratur, terdapat materi pendidikan kesehatan tentang pencegahan dekubitus yang dapat meningkatkan pengetahuan pasien dan keluarga, terdapat kolom observasi untuk memantau kondisi kulit setiap hari dan kolom verifikator untuk keluarga yang dapat memastikan mobilisasi berjalan sesuai jadwal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 156/18 Sya p
Uncontrolled Keywords: Mobilisasi, turning schedule , dekubitus
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD92-97.8 Emergency surgery. Wounds and injuries
R Medicine > RL Dermatology
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TITAH KHALIMATUS SYA’DIYAH, NIM.: 131611123037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNi Ketut Alit Armini, S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantRetnayu Pradanie, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Oct 2018 10:58
Last Modified: 18 Oct 2018 10:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item