HUBUNGAN PERSEPSI PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN DAN KEPUTUSAN PASIEN AKAN PULANG PAKSA MENURUT EXPECTANCY-DISCONFIRMATION THEORY

OKTAPIANTI, NIM.: 131611123018 (2017) HUBUNGAN PERSEPSI PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN DAN KEPUTUSAN PASIEN AKAN PULANG PAKSA MENURUT EXPECTANCY-DISCONFIRMATION THEORY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 157_18 Okt h ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 157_18 Okt h.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Caring merupakan tindakan profesional dalam asuhan keperawatan kepada pasien dengan membina hubungan antara pasien dan perawat, berfokus pada pelayanan, perasaan kasih sayang dan komunikasi. Perilaku caring perawat yang baik dapat memberikan kepuasan kepada pasien serta menurunkan keputusan pasien untuk pulang paksa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi perilaku caring perawat dengan kepuasan dan keputusan pasien akan pulang paksa menurut expectancy – disconfirmation theory di RSUD dr. Murjani Sampit 2017. Metode: Desain penelitian ini adalah non – experiment correlational dengan pendekatan cross sectional. Total populasi 118 responden dan didapatkan sampel sebanyak 91 responden yang ditentukan dengan kriteria inklusi. Variabel independen adalah persepsi perilaku caring perawat dan variabel dependen adalah kepuasan dan keputusan pasien akan pulang paksa. Instrumen menggunakan kuesioner Caring Behaviors Inventory (CBI). Analisis menggunakan uji Spearman’s Rho. Hasil: Spearman’s Rho menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien (p=0,000) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan keputusan pasien akan pulang paksa (p=0,430). Terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan dengan keputusan pasien akan pulang paksa (p=0,036). Kesimpulan: Perilaku caring perawat yang meliputi assurance, respectfull, knowledge and skills, dan connectedness yang sesuai dengan expectancy – disconfirmation theory yang dilakukan dengan baik dapat memberikan kepuasan dan menurunkan keputusan pasien akan pulang paksa. Perawat dapat menerapkan persepsi perilaku caring yang baik kepada pasien untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam memberikan asuhan keperawatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 157/18 Okt h
Uncontrolled Keywords: perilaku caring perawat, kepuasan, keputusan pasien akan pulang paksa
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
OKTAPIANTI, NIM.: 131611123018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantPurwaningsih, S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantErna Dwi Wahyuni, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Oct 2018 11:12
Last Modified: 18 Oct 2018 11:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74856
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item