HUBUNGAN KEKAKUAN ARTERI DENGAN AKTIVITAS PENYAKIT(DAS28) PADA PASIEN PEREMPUAN DENGAN ARTRITIS REUMATOID Penelitian Observasional Analitik Cross-sectional Poli Reumatologi Penyakit Dalam Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Soetomo Surabaya

SATYADI, NIM011180224 (2018) HUBUNGAN KEKAKUAN ARTERI DENGAN AKTIVITAS PENYAKIT(DAS28) PADA PASIEN PEREMPUAN DENGAN ARTRITIS REUMATOID Penelitian Observasional Analitik Cross-sectional Poli Reumatologi Penyakit Dalam Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDS.IPD. 18-18 Sat h Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PPDS.IPD. 18-18 Sat h.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

LatarBelakang: Kekakuan arteri adalah penebalan dan hilangnya elastisitas dinding arteri, yang dapat disebabkan respon inflamasi, deposit kolagen, kolesterol, lemak, proliferasi miosit, makrofag, leukosit, produk sampah seluler, hingga deposit kalsium. Kekakuan arteri didapatkan pada 31,7% dari pasien Artritis Reumatoid (AR). Adanya kekakuan arteri ini mmenunjukkan refleksi positif dengan lamanya penyakit serta aktivitas penyakit. Penelitian yang ada mengenai keterkaitan kekakuan arteri dengan disease-related factor, seperti aktivitas penyakit, lama mula sakit, maupun derajat kerusakan sendi masih kontroversi. Tujuan: Menentukan hubungan kekakuan arteri yang diukur dengan brachialankle Pulse Wave Velocity (baPWV) dengan aktivitas penyakit yang diukur dengan Disease Activity Score 28 (DAS28) pada pasien perempuan AR di poli rematologi penyakit dalam Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr.Soetomo Surabaya. Metode: Penelitian analitik cross sectional ini melibatkan 30 sampel pasien rawat jalan AR, dengan consecutive sampling, yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi, selanjutnya dilakukan pemeriksaan pengukuran kekakuan arteri dengan baPWV dan penilaian DAS28, Analisis data dan korelasi dengan uji Spearman, keluaran nilai p dan koefisien korelasi (r) Hasil: Pengujian analisis korelasi Spearman antara kekakuan arteri (baPWV) dengan DAS28(LED) diperoleh nilai r=0,441 (p=0,015), DAS28(CRP) diperoleh nilai r=0,480 (p=0,007). Kesimpulan: Terdapat hubungan cukup antara kekakuan arteri (baPWV) dengan aktivitas penyakit (DAS 28) pada pasien AR.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IPD. 18-18 Sat h
Uncontrolled Keywords: kekakuan arteri, baPWV,artritis reumatoid, DAS28
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Dalam
Creators:
CreatorsNIM
SATYADI, NIM011180224NIM011180224
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAwalia, dr., SpPD KR,UNSPECIFIED
Thesis advisorJoewono Soeroso, Prof Dr., dr., MSc, Sp.PD, KR, Dr. Sony WibisonoUNSPECIFIED
Thesis advisorSony Wibisono, Dr., dr, SpPD-KEMDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Oct 2018 11:24
Last Modified: 18 Oct 2018 11:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74858
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item