KORELASI ANTARA GLOBAL LONGITUDINAL STRAIN (GLS) VENTRIKEL KIRI DENGAN KADAR SOLUBLE SUPRESSION OF TUMORGENICITY 2 (sST2) PLASMA PADA PASIEN GAGAL JANTUNG AKUT DENGAN PENURUNAN FUNGSI SISTOLIK

Herlina Yulidia NIM., NIM011328136304 (2018) KORELASI ANTARA GLOBAL LONGITUDINAL STRAIN (GLS) VENTRIKEL KIRI DENGAN KADAR SOLUBLE SUPRESSION OF TUMORGENICITY 2 (sST2) PLASMA PADA PASIEN GAGAL JANTUNG AKUT DENGAN PENURUNAN FUNGSI SISTOLIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDS.JP. 12-18 Yul k Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PPDS.JP. 12-18 Yul k.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (731kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Penilaian fungsi ventrikel kiri pada pasien dengan gagal jantung akut penting bagi penentuan prognosis, penentuan rencana perawatan, untuk keputusan yang berkaitan dengan terapi alat yang mahal dan untuk menilai respon terhadap pengobatan. Nilai prognostik dari pengukuran deformasi miokardium dan fungsi ventrikel global sampai saat ini masih belum jelas. Global longitudinal strain (GLS) yang dinilai dengan speckel tracking echocardiography (STE) sekarang telah menjadi metode baru yang dikenal dapat menilai fungsi sistolik ventrikel kiri secara lebih akurat dan obyektif Kadar soluble ST2 sering kali dinyatakan sebagai prognostic marker pada gagal jantung. Dimana soluble T2 berhubungan erat dengan stretch miocard dan menghambat ligasi IL33 yangbersifat protektif terhadap remodeling miokard. Tujuan: Membuktikan adanya korelasi positif antara GLS ventrikel kiri dengan kada soluble ST2 plasma pada pasien gagal jantung akut dengan penurunan fungsi sistolik Metode: Jenis dan desain penelitian ini menggunakan metode correlational dengan teknik pengambilan sampel consecutive sampling. Ada 30 subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini dimana masing – masing subjek penelitian akan menjalani pemeriksaan ekokardiografi dan diukur nilai GLS ventrikel kiri, dilakukan pemeriksaan kadar s ST2. Korelasi antara GLS ventrikel kiri dan kadar s ST2 dievaluasi menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil: Terdapat korelasi posirifyang kuat dan bermakna antara nilai GLS ventrikel kiri dengan kadar s ST2 (r = 0,99 dan p = 0,0001). Kesimpulan: Terdapat korelasi posotif yang kuat dan bermakna antara nilai GLS ventrikel kiri dengan e kadar s ST2.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.JP. 12-18 Yul k
Uncontrolled Keywords: gagal jantung akut, disfungsi sistolik, global longitudinal strain, soluble ST2.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Jantung
Creators:
CreatorsNIM
Herlina Yulidia NIM., NIM011328136304NIM011328136304
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Aminudin, dr., Sp.JP (K), FIHA, FAsCCUNSPECIFIED
Thesis advisorBudi S Pikir, Prof.Dr.dr., Sp.PD, Sp.JP (K), FIHAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Oct 2018 13:19
Last Modified: 18 Oct 2018 13:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74879
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item