GAMBARAN PERILAKU PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI)PADA WANITA USIA SUBUR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GUNDIH KELURAHAN BUBUTAN

ERNA EKA WULAN SARI, NIM. 131611123057 (2017) GAMBARAN PERILAKU PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI)PADA WANITA USIA SUBUR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GUNDIH KELURAHAN BUBUTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 162_18 Sar g ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 162_18 Sar g.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kanker payudara merupakan salah satu penyebab utama kematian akibat kanker pada kaum wanita. Salah satu cara deteksi dini kanker payudara yaitu dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), namun kesadaran wanita melakukan SADARI masih sangat rendah. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi gambaran perilaku pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada wanita usia subur (WUS) di Kelurahan Bubutan. Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif. 134 dari 687 responden berpartisipasi secara suka rela dalam penelitian ini (simple random sampling). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan checklist untuk mengeksplorasi gambaran pengetahuan, sikap, dan praktik SADARI yang dilakukan oleh WUS. Pengolahan data menggunakan tabel distribusi frekuensi dan narasi. Hasil: Hampir setengah WUS memiliki pengetahuan cukup (44%) dan hampir seluruh WUS memiliki sikap positif terhadap SADARI (99,3%) yaitu terbuka terhadap berbagai informasi yang diberikan oleh petugas kesehatan. Sementara itu sebagian besar WUS tidak dapat melakukan praktik SADARI dengan tepat (52,2%). Diskusi: Diharapkan tenaga kesehatan dapat memberikan penyuluhan secara merata tentang pentingnya SADARI dan melakukan evaluasi tindak lanjut terhadap keberhasilan program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 162/18 Sar g
Uncontrolled Keywords: perilaku, pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), WUS
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ERNA EKA WULAN SARI, NIM. 131611123057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantElida Ulfiana, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
ConsultantSetho Hadisuyatmana, S.Kep.Ns., M.NS (CommHlth&PC)UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Oct 2018 15:05
Last Modified: 18 Oct 2018 15:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74891
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item