Governmentality dalam Program Jalin Matra : Studi Kebijakan Pengentasan Kemiskinan Pemerintahan Soekarwo Periode 2014-2019 Jawa Timur

Hani Oktavia Trianahadi, 071411331060 (2018) Governmentality dalam Program Jalin Matra : Studi Kebijakan Pengentasan Kemiskinan Pemerintahan Soekarwo Periode 2014-2019 Jawa Timur. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.72 18 Tri g.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.72 18 Tri g.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.72 18 Tri g.pdf

Download (378kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program Jalin Matra merupakan salah satu program upaya pengentasan kemiskinan dengan bentuk pemberdayaan masyarakat. Terdapat tiga program pada Jalin Matra yaitu, program Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (BRTSM), Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), dan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2). Pemerintahan Gubernur Soekarwo berfokus dalam masalah perekonomian dengan salah satu program unggulan dan jargonnya ialah Jalin Matra. Permasalahan dalam Jalin Matra yang ada dalam tulisan ini adalah terkait relasi kekuasaan yang terjalin pada aktor-aktor yang terlibat dalam Jalin Matra. Hal ini berangkat dari adanya fenomena pemotongan bantuan yang dilakukan oleh pemerintah desa pada teknisnya dan pernyataan DPRD Provinsi terkait program yang tidak tepat sasaran dengan penurunan angka kemiskinan yang lamban. Secara teknis tidak bisa dikatakan bahwasannya program ini efektif atau tidak, namun akan dilihat dari relasi kekuasaan yang terjadi pada setiap aktor dalam Jalin Matra untuk mengetahui permasalahan tersebut dengan menggunakan Teori Governmentality dari Foucault. Teori ini menyatakaan bentuk kekuasaan dengan didasari kebebasaan adalah praktik pemberdayaan dan kekuasaan yang memandang kesetaraan antar aktor yaitu, dengan menghilangkan sifat dominasi, dan dalam teori ini akan menjelaskan praktik kekuasaan, sehingga peneliti melihat hal ini cocok dengan konsep dari pemberdayaan pada program Jalin Matra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.72/18 Tri g
Uncontrolled Keywords: Relasi kekuasaan, Program Jalin Matra, Pengentasan kemiskinan, Jawa Timur
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Hani Oktavia Trianahadi, 071411331060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPriyatmoko, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Oct 2018 09:39
Last Modified: 23 Oct 2018 09:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75024
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item