PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL, DUKUNGAN ORGANISASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA DAN PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI DI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BUOL

ANDI M K. PAERAH, 091517067301 (2018) PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL, DUKUNGAN ORGANISASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA DAN PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI DI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BUOL. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. PSDM. 03-18 Pae p Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis. PSDM. 03-18 Pae p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kecenderungan pelayanan publik di Indonesia yang mengalami penurununan kualitas. Hal ini tentu mendorong aparatur sipil negara (ASN) untuk terus meningkatkan kinerja demi menekan krisis kepercayaan masyarakat dalam hal pelayanan. Untuk mewujudkan kualitas layanan yang baik, maka kinerja pegawai perlu mendapat perhatian dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh persepsi kepemimpinan spiritual, dukungan organisasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja ASN melalui kepuasan kerja dan perilaku kewargaan organisasi (PKO) di 12 Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan teknik Structural Equations Models (SEM) dengan Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 21. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 223 pegawai dari 503 populasi dengan penentuan sampel menggunakan teknik probability samlping secara proporsional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin dengan presisi 5%, namun kuesioner yang dapat di analisis hanya sebanyak 209 dan sisanya rusak/tidak dapat dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi kepemimpinan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, perilaku kewargaan organisasi, dan kinerja pegawai, (2) dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai, tetapi berpengaruh tidak signifikan terhadap perilaku kewargaan organisasi, (3) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kewargaan organisasi dan kinerja pegawai, (4) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kewargaan organisasi, tetapi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, (5) perilaku kewargaan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. PSDM. 03-18 Pae p
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Persepsi Kepemimpinan Spiritual, Dukungan Organisasi, Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja, PKO, dan Kinerja ASN.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
ANDI M K. PAERAH, 091517067301UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHj. Sri Iswati, Prof. Dr., S.E., M.Si., Ak., CAUNSPECIFIED
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Oct 2018 13:51
Last Modified: 23 Oct 2018 13:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75044
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item