PENERTIBAN SATPOL PP PADA PEDAGANG KAKI LIMA (Analisis Kritis Menurut Teori Johan Galtung dalam Konteks Masyarakat Menur Surabaya)

Riyawan Pamordy, 071411433022 (2018) PENERTIBAN SATPOL PP PADA PEDAGANG KAKI LIMA (Analisis Kritis Menurut Teori Johan Galtung dalam Konteks Masyarakat Menur Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.40 18 Pam p.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.40 18 Pam p.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.40 18 Pam p.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena konflik tidak lepas dari realitas masyarakat, tidak kecuali fenomena konflik dalam isu penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang terjadi di Daerah Menur, Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Studi ini dilakukan untuk menggambarkan dinamika konflik dalam isu penertiban Pedagang Kaki Lima, kemudian mengetahui bagaimana Pedagang Kaki Lima Mendefinisikan penindakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ini sebagai tindakan kekerasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kontruktivisme dan tipe penelitian studi kasus. Teori yang digunakan adalah teori Johan Galtung tentang dimensi kekerasan. Metode penentuan subjek penelitian menggunakan snowball dimana untuk membantu peneliti menemukan pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian namun sulit ditemukan atau tidak tau keberadannya. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data kemudian direduksi dan dipilah sesuai dengan fokus penelitian untuk menggambarkan fenomena konflik yang telah berlangsung. Hasil penelitian menggambarkan bahwa fenomena konflik ini melibatkan Pedagang Kaki Lima Menur Surabaya, Masyarakat Menur, dan Satpol PP. Penelitian ini dibantu dari data primer yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010, Peraturan Walikota Surabaya Nomor 5 Tahun 2018, dan Nomor 2 Tahun 2014. Bahwa Pemerintah Kota Surabaya dalam melakukan penertiban berdasarkan perundangundangan dalam penertiban Pedagang Kaki Lima. Fenomena konflik ini menggambarkan bahwa isu penertiban Pedagang Kaki Lima merupakan akibat dari praktik kekerasan Satpol PP dalam menjalankan penertiban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.40/18 Pam p
Uncontrolled Keywords: Konflik Kekerasan, Penertiban Pedagang Kaki Lima, Satpol PP, fungsi regulasi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM435-477 History of sociology. History of sociological theory > HM461-473 Schools of sociology. Schools of social thought
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Riyawan Pamordy, 071411433022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovri Susan, S.Sos., MA., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Oct 2018 12:37
Last Modified: 24 Oct 2018 12:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75079
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item