PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN BAGIAN MARKETING PT ASURANSI JASA INDONESIA (PERSERO) CABANG SURABAYA

FITRI LENY WIJAYANTI, 040631413 (2010) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN BAGIAN MARKETING PT ASURANSI JASA INDONESIA (PERSERO) CABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wijayantif-15708-kkbkkb-k.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-wijayantif-15997-kkbkkb-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Faktor sumber daya manusia tersebut tidak dapat dipisahkan dengan unsur pemimpin dan yang dipimpin dalam organisasi tersebut, maka dari itu pimpinan perlu memahami sifat dan perilaku karyawan yang disekitarnya atau yang dihadapi sehari-hari. Seorang pemimpin harus mampu mengetahui dan memahami kepentingan dari karyawannya, sehingga membuat karyawannya senang bekerja di dalam perusahaan. Untuk itu seorang pemimpin perlu memiliki ketrampilan untuk dapat bersikap dan berperilaku efektif dalam menjalankan tugasnya. Ketrampilan bersikap itu antara lain adalah memiliki kelenturan budaya, ketrampilan berkomunikasi, ketrampilan melakukan manajemen sumber daya manusia, kreatif dan memiliki motivasi belajar atau memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap pengetahuan dan ketrampilan yang baru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara faktor-faktor gaya kepemimpinan transformasional yang terdiri dari karisma, inspirasi motivasi, stimulasi intelektual dan perhatian secara individual terhadap motivasi kerja karyawan bagian marketing di PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) cabang Surabaya. Untuk mengetahui pengaruh dominan dari ke empat faktor gaya kepemimpinan tranformasional terhadap motivasi kerja karyawan bagian marketing di PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) cabang Surabaya. Banyaknya populasi dalam penelitian ini sebesar 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan studi sensus karena semua populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, hasil pengujian tersebut adalah sebagai berikut: Y = 0,261 + 0,236 X1 + 0,242 X2 + 0,245 X3 + 0,222 X4 + e Hasil penelitian secara bersama-sama faktor-faktor gaya kepemimpinan transformasional berupa karisma, inspirasi motivasi, stimulasi intelektual dan perhatian secara individual memiliki pengaruh terhadap motivasi kerja karyawan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Cabang Surabaya. Nilai beta untuk faktor gaya kepemimpinan transformasional berupa karisma sebesar 0,256, inspirasi motivasi sebesar 0,315, stimulasi intelektual sebesar 0,257 dan perhatian secara individual sebesar 0,243. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan bahwa faktor inspirasi motivasi mempunyai pengaruh dominan terhadap motivasi kerja karyawan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Cabang Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 479 10 Wij p
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP; EMPLOYEE MOTIVATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
FITRI LENY WIJAYANTI, 040631413UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Ratmawati, Dr.SE.McomUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 15 Jul 2011 12:00
Last Modified: 05 Oct 2016 10:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7511
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item