PERUBAHAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN (Studi Tentang Terjadinya Perubahan Perilaku Keagamaan Mahasiswa Alumni Pondok Pesantren Modern di Batu, Malang)

LARAS SINTIA PUSPA SARI, 071411431053 (2018) PERUBAHAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN (Studi Tentang Terjadinya Perubahan Perilaku Keagamaan Mahasiswa Alumni Pondok Pesantren Modern di Batu, Malang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.54 18 Sar p.PDF

Download (20kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.54 18 Sar p.PDF
Restricted to Registered users only until 25 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.54 18 Sar p.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan perilaku keagamaan merupakan suatu fenomena yang seringkali tidak disadari kehadirannya, demikian pula para alumni Pondok Pesantren Modern yang juga mengalami perubahan perilaku keagamaan setelah keluar dari lingkungan Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan data-data kualitatif dengan teori religiusitas dari R.Stark dan C.Y Glock serta teori perubahan sosial dari Sartono Kartodirdjo. Metode pengumpulan informan dilakukan dengan metode snowball, dan didapatkan enam informan. Dalam penelitian ini menjelaskan latar belakang penyebab perubahan dan bentuk dari perubahan perilaku keagamaan alumni sebelum dan sesudah keluar dari pondok pesantren. Hasil dari penelitian ini adalah yang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku keagamaan pada mahasiswa alumni pondok adalah 1) Alumni yang mondok karena paksaan dari orangtua kemudian menimbulkan perasaan terkekang dalam melakukan banyak hal, ditambah tidak adanya kontrol sosial dari orangtua, 2) Alumni yang mondok atas paksaan orangtua dan keinginan sendiri menjadikan alumni mudah tergoda mengadopsi kebiasaan baru yang didasari keinginan untuk diterima dalam lingkungan barunya, kurangnya kontrol dari kerabat maupun orangtua juga menjadi penyebab perubahan, 3) Alumni yang mondok atas keinginan sendiri awalnya mudah terpengaruh kebiasaan yang ada dilingkungan baru karena kurangnya kesadaran atas nilai agama Islam saat keluar dari pondok. Bentuk perubahan perilaku keagamaan ini dikarenakan kurangnya proses adaptasi yaitu alumni yang tidak bisa memfilter mana budaya yang pantas diikuti atau dihindari, mereka justru asik dalam rasa ingin tahu mereka sehingga melupakan amalan yang pernah di dapatkan selama di Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.54/18 Sar p
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, modern, alumni, perubahan, perilaku keagamaan, mahasiswa, sebelum, sesudah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1-50 Religion (General)
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
LARAS SINTIA PUSPA SARI, 071411431053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUdji Asiyah, Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Oct 2018 10:37
Last Modified: 25 Oct 2018 10:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75123
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item