SALSABILA DIAR KINANTHI, 101411133027 (2018) ANALISIS PENDIDIKAN PASIEN DAN KELUARGA DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 241 - 18 Kin a-Abstract.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 241 - 18 Kin a.pdf Restricted to Registered users only until 25 October 2021. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rumah sakit sebagai bagian dari ruang lingkup promosi kesehatan merupakan institusi yang mempunyai posisi yang kuat dalam sistem pelayanan kesehatan untuk mendukung kegiatan promosi kesehatan. Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yaitu pelayanan kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Standar kajian kebutuhan masyarakat sebagai salah satu standar Promosi Kesehatan Rumah Sakit tersebut diperkuat dengan Instrumen Akreditasi Rumah Sakit Tahun 2012. Indikator penilaian akreditasi rumah sakit pada Kelompok Standar Pelayanan Berfokus Pada Pasien. Komunikasi efektif sebagai dasar untuk memberikan pendidikan kepada pasien dan keluarga agar mereka memahami kondisi kesehatannya sehingga pasien berpartisipasi lebih baik dalam asuhan yang diberikan dan mendapat informasi dalam mengambil keputusan tentang asuhannya. Pemberian pendidikan kesehatan yang efektif penting dalam asuhan kesehatan yang diberikan kepada pasien berfungsi untuk menurunkan jumlah klien ke rumah sakit dan meminimalkan penyebaran penyakit yang dapat dicegah. (KARS, 2012). Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya dengan metode penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dari penelitian ini merupakan orang penanggung jawab dalam manajemen dan operasional PKRS di RSI Jemursari Surabaya yang berkaitan dengan Pendidikan Pasien dan Keluarga. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan observasi dengan informan sejumlah 6 orang. Hasil dari 6 standar pendidikan pasien dan keluarga di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya sebagian besar sudah memenuhi indikator sesuai dengan yang tercantum pada KARS tahun 2012. Namun secara kebijakan peraturan, pedoman maupun Standar Prosedur Operasional dan struktural belum adanya unit kerja PKRS di Rumah Sakit Islam Jemursari menyebabkan ketidakoptimalan pelaksanaan promosi kesehatan terutama dalam pendidikan pasien dan keluarga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM 241/ 18 Kin a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PKRS, Patient and Family Education, KARS | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics |
||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | ||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2018 12:31 | ||||||
Last Modified: | 25 Oct 2018 12:31 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75134 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |