POLA PERILAKU BERBELANJA MASYARAKAT DESA DI TENGAH-TEGAH PASAR MODERN (Studi Kasus Masyarakat Desa Gurah Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri)

BELLA IKA YUNITA, 071411431011 (2018) POLA PERILAKU BERBELANJA MASYARAKAT DESA DI TENGAH-TEGAH PASAR MODERN (Studi Kasus Masyarakat Desa Gurah Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.62 18 Yun p.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.62 18 Yun p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.62 18 Yun p.pdf

Download (516kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehadiran pasar modern di pedesaan semakin marak, seperti adanya Indomaret dan Alfamart. Pasar modern dan pasar tradisional mempunyai banyak perbedaan, dari segi harga, pelayanan dan tata ruang, hal ini dapat membawa perubahan pola perilaku berbelanja konsumen. Masuknya pasar modern di wilayah perdesaan menjadi hal yang baru dan menarik bagi masyarakat karena turut mengubah pola perilaku berbelanja mereka. Penelitian ini mengambil fokus masalah “bagaimana pola perilaku berbelanja masyarakat di Desa Gurah”. Penelitian ini menggunakan teori Pilihan Rasional (Rational Choice) oleh James Colleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek penelitian terdiri dari ibu-ibu yang dipilih berdasarkan atas latar belakang usia, pendidikan dan pekerjaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam serta didukung dengan data observasi langsung. Penelitian ini mengemukakan bahwa pilihan rasional berbelanja masyarakat berbeda-beda. Fenomena ini menjelaskan bahwa masuknya pasar modern di Desa Gurah, seperti Indomaret dan Alfamart tidak membuat masyarakat terpengaruh dan serta merta beralih ke pasar modern. Masyarakat Desa Gurah tetap bertahan berbelanja di pasar tradisional, karena beberapa alasan seperti harga yang lebih murah di pasar tradisional, barang yang lebih lengkap dibandingkan pasar modern dan interaksi sosial yang masih kuat. Hal tersebut menunjukkan kuatnya pilihan rasional Desa Gurah berdasarkan nilai, guna dan kepentingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.62/18 Yun p
Uncontrolled Keywords: pasar modern, pasar tradisonal, pilihan rasional
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
BELLA IKA YUNITA, 071411431011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKarnaji, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Oct 2018 10:22
Last Modified: 26 Oct 2018 10:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item