PAGUYUBAN OJEK PANGKALAN (Studi Kasus Tindakan sosial Paguyuban Ojek Pangkalan dalam Menghadapi Persaingan dengan ojek On line)

RAHMANIA NUR BAYTI, 071411431013 (2018) PAGUYUBAN OJEK PANGKALAN (Studi Kasus Tindakan sosial Paguyuban Ojek Pangkalan dalam Menghadapi Persaingan dengan ojek On line). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.69 18 Bay p.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.69 18 Bay p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.69 18 Bay p.pdf

Download (121kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Transportasi ojek sudah lama ada di indonesia. Namun demikian, saat ini ojek mengalami perubahan dengan memanfaatkan teknologi internet.Oleh karena itu, para pengendara ojek pangkalan harus beradaptasi dengan adanya ojek online sehingga mereka dapat tetap bertahan ditengah persaingan dengan ojek online.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari masuknya ojek online dan strategi adaptasi para pengendara ojek pangakalan itu sendiri dalam menjalankan mekanisme survival dalam menerapkannya agar masih adannya ojek pangkalan. . Teori yang digunakan yaitu Tindakan Sosial Max Weber dan teori tindakan rasional colmen. Informan dalam penelitian ini berjumlah sembilansopir ojek pangkalan yang tergabung dalam satu paguyuban ojek pangkalan. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi langsung.. Proses adaptasi yang dilakukan oleh para ojek pangkalan dengan tindakan1) Tindakan sosial yang dilakukan oleh para sopir ojek pangkalan dengan mempertahankan ciri tradisonalnnya 2)sopir ojek pangkalan yang menjadi aktor harus melakukan suatu tindakan dengan cara memperhitungkan peluang serta sumberdaya apa saja yang dapat di kembangkan ; 3)mengoptimalkan sumber daya yang dimilki dalam melakukan tindakan rasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.69/18 Bay p
Uncontrolled Keywords: paguyuban, persaingan ojek pangkalan , rasional, tindakan sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM481-554 Theory. Method. Relations to other subjects
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
RAHMANIA NUR BAYTI, 071411431013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarso, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Oct 2018 11:14
Last Modified: 26 Oct 2018 11:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75159
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item