GAMBARAN PENYEBARAN TUMOR PRIMER KANKER NASOFARING DALAM PEMERIKSAAN CT SCAN KEPALA-LEHER DIHUBUNGKAN DENGAN JENIS HISTOPATOLOGI

Berlin Hutahaean, NIM011328176307 (2018) GAMBARAN PENYEBARAN TUMOR PRIMER KANKER NASOFARING DALAM PEMERIKSAAN CT SCAN KEPALA-LEHER DIHUBUNGKAN DENGAN JENIS HISTOPATOLOGI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDS.R. 03-18 Hut g Abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PPDS.R. 03-18 Hut g.pdf
Restricted to Registered users only until 31 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Pola penyebaran tumor primer nasofaring dapat menimbulkan gejala klinis yang berkaitan, dimana klinis berkaitan dengan lokasi anatomi primer. Pemeriksaan Computed Tomography Scanning (CT Scan) kepala leher adalah unggulan oleh karena hasil cepat, informasi akurat, penting untuk mendeteksi keterlibatan dasar tengkorak, adanya erosi/destruksi tulang. Dalam penegakkan diagnosis karsinoma nasofaring, pemeriksaan histopatologi masih menjadi baku emas untuk menentukan jenis histopatologi dari tumor karsinoma nasofaring tersebut. Namun belum terdapat penelitian yang menjelaskan hubungan penyebaran tumor primer karsinoma nasofaring pada pemeriksaan CT Scan kepala-leher dengan jenis histopatologinya di Instalasi Radiologi RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Tujuan: Mengetahui hubungan antara penyebaran tumor primer nasofaring dengan jenis histopatologinya. Metode dan Bahan: Desain penelitian adalah studi analitik observasional secara retrospektif. Metode pengambilan sampel adalah consecutive terhadap gambaran penyebaran tumor primer pasien karsinoma nasofaring pada CT Scan kepala-leher dihubungkan dengan jenis histopatologinya, serta dilakukan analisis statistik dengan uji chi-square. Hasil : Dari 87 sampel, terdapat jenis histopatologi tipe I 1 orang, tipe II 8 orang dan tipe III ada 78 orang. Tipe II semunya menyebar ke cavum nasi, orofaring, parapharingeal space, masticator space. Kemudian diikuti ke sinus paranasalis, destruksi tulan, intracranial, orbita dan infratemporalis. Sedangkan tipe III, semuanya menyebar ke orofaring, parapharingeal space. Kemudian diikuti ke cavum nasi, masticator space, sinus paranasalis, intracranial, destruksi tulang dasar tengkorak, infratemporalis dan orbita. Penyebaran tumor primer karsinoma nasofaring tipe II dan III pada pemeriksaan CT Scan kepala-leher tidak didapatkan hubungan yang signifikan ( nilai p > 0,05 ). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penyebaran tumor primer karsinoma nasofaring pada pemeriksaan CT Scan kepala-leher dengan jenis histopatologinya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.R. 03-18 Hut g
Uncontrolled Keywords: karsinoma nasofaring, CT Scan, penyebaran tumor primer karsinoma nasofaring, jenis histopatologi.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
Berlin Hutahaean, NIM011328176307NIM011328176307
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLulus Handayani, dr., SpRad (K ) OnkRadUNSPECIFIED
Thesis advisorAnggraini Dwi Sensusiati, DR.dr., SpRad (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 31 Oct 2018 08:30
Last Modified: 31 Oct 2018 08:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75211
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item