ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE DAN ENVIRONMENTAL ATTITUDES TERHADAP MINAT BELI PRODUK AC RAMAH LINGKUNGAN DI SURABAYA

ROSS MERRY GINTING, 040530899 (2010) ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE DAN ENVIRONMENTAL ATTITUDES TERHADAP MINAT BELI PRODUK AC RAMAH LINGKUNGAN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-gintingros-15803-kkbkkb-k.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-gintingros-16014-kkbkkb-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesadaran masyarakat tentang lingkungan saat ini semakin tinggi tercermin dari pilihan konsumen akan produk-produk elektronik dan alat rumah tangga. Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh produk AC dengan semakin menipisnya lapisan ozon dan gas buangnya inilah yang membuat kesadaran produsen akan lingkungan semakin tinggi, ditambah lagi dengan tuntutan dan kesadaran masyarakat tentang lingkungan yang juga makin tinggi. Saat ini produk elektronik, khususnya produk Air Conditioner (AC) di Indonesia banyak mengeluarkan produk-produk hemat energi dan ramah lingkungan. Produsen produk AC kini pun beralih menggunakan bahan material yang tidak mencemari lingkungan dan bebas zat beracun bagi manusia. Karena definisi dari produk ramah lingkungan sendiri tidak hanya hasil yang dikeluarkan yang bersifat ramah lingkungan, seperti hemat energi akan tetapi bahan material dan proses pembuatan produk awal hingga akhir yang digunakan juga tidak mencemari lingkungan. Penelitian ini mengamati pengaruh environmental knowledge dan environmental attitudes konsumen terhadap minat beli produk AC ramah lingkungan di Surabaya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menguji apakah environmental knowledge dan environmental attitudes berpengaruh positif pada minat beli produk ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang menitikberatkan pada pengujian hipotesa dengan alat metode statistik dan menghasilkan kesimpulan yang dapat digeneralisasikan. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang belum pernah membeli produk AC ramah lingkungan. Sampel responden dalam penelitian ini adalah menggunakan metode non probability sampling. Sedangkan metode pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Alat uji yang digunakan adalah alat uji t dan uji F di dalam regresi linier berganda. Setelah dilakukan pengujian atas hipotesis yang diajukan maka diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dalam hubungan setiap variable terdiri dari Pengaruh Environmental Knowledge, Environmental Attitudes, dan minat beli konsumen. Besarnya koefisien regresi jalur variabel environmental knowledge (X1) terhadap minat beli sebesar 0,925, kemudian bentuk koefisien regresi jalur variabel environmental attitudes (X2) terhadap minat beli sebesar 0,468, dan koefisien regresi environmental attitudes sebesar 0,288 jika variabel bebas meningkat, maka minat beli konsumen produk AC ramah lingkungan juga mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 449/10 Gin a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR, ENVIRONEMNTAL
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194-195 Environmental effects of industries and plants
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ROSS MERRY GINTING, 040530899UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dr. SE., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 15 Jul 2011 12:00
Last Modified: 10 Oct 2016 07:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7528
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item