ANALISIS REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN PERINGKAT PERUSAHAAN PADA PROGRAM PENILAIAN PERINGKAT KINERJA PERUSAHAAN DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (PROPER)

TIARA VINDRA PRASTI, 041411331255 (2018) ANALISIS REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN PERINGKAT PERUSAHAAN PADA PROGRAM PENILAIAN PERINGKAT KINERJA PERUSAHAAN DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (PROPER). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 367_18 Pra a ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 367_18 Pra a.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) adalah Program Kementerian Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk mendorong perusahaan agar menerapkan sistem yang baik dalam pengelolaan lingkungan. PROPER menunjukan respon yang positif oleh berbagai pemangku kepentingan dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini mengkaji reaksi pasar atas efek dari pengumuman peringkat PROPER. Reaksi pasar ditunjukan melalui abnormal return dan trading volume activity. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang listed di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2016 sejumlah 223 perusahaan. Reaksi pasar diuji melalui studi peristiwa dengan menggunakan teknik analisis regresi. Reaksi pasar juga diuji dengan membandingkan antara sampel peringkat emas, hijau, biru (kategori taat) dan peringkat merah, atau hitam (kategori tidak taat) dengan menggunakan teknik analisis Kruskal Wallis. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat reaksi pasar atas pengumuman peringkat perusahaan pada PROPER terhadap Average Abnormal Return maupun Average Trading Volume Activity. Sedangkan hasil uji beda menunjukkan tidak ada perbedaan antara reaksi yang dihasilkan atas pengumuman peringkat emas, hijau, biru dan peringkat merah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 367/18 Pra a
Uncontrolled Keywords: PROPER, Average Abnormal Return, Trading Volume Activity. Event Study.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9720-9975 Manufacturing industries
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1-1066 Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
TIARA VINDRA PRASTI, 041411331255UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantWiwiek Dianawati, Dr., Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 07 Nov 2018 10:32
Last Modified: 07 Nov 2018 10:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75357
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item